Sukses

Gelar Green Reuinion, IKA Unhas '79 Bakal Tanam 1.700 Pohon dan Bagikan 500 Tumbler

Ratusan alumni angkatan 1979 Universitas Hasanuddin dijadawalkan hadir dalam kegiatan tersebut.

Liputan6.com, Makassar - Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin angkatan 1979 bakal menggelar reuni di Suilawesi Selatan pada 23-24 Juli 2022 mendatang. Kegiatan yang mengangkat tema Green Reunion itu pun bakal dirangkaikan dengan kegiatan menanam pohon dan berbagi tumbler. 

Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin 1979, Syarief Burhanuddin mengatakan sedikitnya ada 1.700 pohon yang akan ditanam di Kampus Teknik Universitas Hasanuddin dan di kawasan wisatan Malino Kabupaten Gowa. 

"Pohon-pohon itu ada berbagai jenis, mulai dari pohon lindung dan pohon buah. Total ada 1.000 di Kampus Teknik dan 700 di Malino," kata Syarief kepada wartawan, Kamis (14/7/2022). 

Selain itu kegitan reuini dengan tagline Reunion, Reconnect, Renew and Relive ini juga bakal dirangkaikan dengan pembagian tumbler kepada ratusan siswa sekolah dasar yang ada di Malino.  Syarief menuturkan bahwa pembagian tumbler itu merupakan trigger agar masyarakat bisa mengurangi penggunaan plastik terutama pada botol minuman. 

"Semoga dengan pembagian tumbler itu bisa menjadi trigger agar anak-anak kita nanti bisa mengurangi penggunaan botol plastik. Sedikitnya ada 500 tumbler nanti yang akan kita bagikan kepada ratusan siswa di sejumlah sekolah dasar di Malino," jelas mantan Dirjen Bina Konstruksi Kementerianterian PUPR itu

Sementara itu, Sekretaris IKA Unhas 1979, Anhar merinci pohon-pohon yang akan ditanam itu terdiri dari berbagai jenis pohon. Mulai dari pohon buah seperti durian dan rambutan hingga pohon yang terbilang langka seperti pohon ebony. 

"Ada banyak jenis, bibit itu kita dapatkan secara cuma-cuma dari Balai Perbenihan dan Tanaman Hutan Sulawesi, itu berapapun kami minta pasti disediakan. Jadi kalau ada teman-teman yang mau tanam pohon juga silahkan dikomunikasikan," ucap Anhar.

Pada intinya, lanjut Anhar, IKA Unhas '79 tak ingin kegiatan reuni kali ini terkesan hanya bertemu kangen dan bersenang-senang saja. Atas dasar itulah kegiatan reuni kali ini ingin meninggalkan suatu kenangan manis di kampus mereka tercinta.

"Penanaman pohon ini disambut baik oleh Fakultas Teknik. Harapannya pohon-pohon itu saja nanti tidak hanya ditanam, tapi juga dirawat hingga manfaatnya bisa sama-sama kita rasakan," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Alumni Seluruh Indonesia

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Green Reunion IKA Unhas 1979, Itji Diana Amin Daud menyebutkan bahwa reuni ini merupakan kali keempat yang akan dilaksanakan. Kegiatan ini juga sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 yang melanda tanah air.

"Ini kali keempat ya. Terakhir itu kita laksanakan di Malang tahun 2019. Sedianya yang keempat ini dilaksanakan di Sulsel pada tahun 2020, tapi tertunda karena pandemi," terang Itji. 

Itji juga menyebutkan bahwa sedikitnya kegiatan reuni ini akan dihadiri oleh 331 alumni yang lulus 43 tahun lalu yang kini tersebar di penjuru tanah air.  

"Insya Allah akan hadir semua. Kawan-kawan alumni mungkin sudah berangsur datang pada tanggal 20-an dan pada tanggal 23 kita sama-sama berangkat ke lokasi kegiatan di Malino," ucapnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: