Sukses

QUIZ: Yakin Tahu Segala Hal tentang Kopi, Cek Dulu di Sini!

Kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat untuk memulai hari.

Liputan6.com, Jakarta Kopi adalah minuman yang populer sejak dulu. Beberapa tahun ke belakang, pesona kopi makin moncer. Hampir di tiap sudut kota, dapat dengan mudah kita temukan coffe shop. Minum kopi sudah jadi bagian dari gaya hidup.

Berbagai jenis racikan kopi kini sangat digemari, tidak hanya expresso atau caffe latte, tapi juga kopi susu kekinian. Bahkan, kopi jenis ini kini makin mudah ditemukan di mana-mana.

Sebagian mengatakan, minum kopi seperti candu. Seperti ada yang kurang jika sehari saja tidak minum kopi.

Nah, kalau kamu pencinta kopi sejati, yuk cek pengetahuanmu soal kopi dan ikuti kuis Liputan6.com di bawah ini!

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pertanyaan pertama

1. Di negara manakah di dunia yang diskreditkan sebagai tempat ditemukannya kopi?

a.     Jamaika

b.     Italia

c.      Kanada

d.     Saudi Arabia

Jawabannya adalah D. Saudi Arabia.

Arab seringkali disalahpahami sebagai negara tempat pertama kali ditemukannya kopi. Padahal, kopi pertama kali ditemukan di Ethiopia, Afrika Timur, pada abad ke-9.

Orang yang pertama kali menemukan kopi adalah Khaldi, seorang penggembala kambing di Ethiopia. Si penggembala melihat kambing-kambingnya memakan biji kopi dan menjadi berenergi setelah. Bahkan, kambing-kambing itu juga tidak bisa tidur saat malam hari. Seiring berjalannya waktu, kopi mulai tersebar hingga ke Semenanjung Arab. Kopi makin populer.

Kemudian budi daya dan jual-beli kopi pun mulai berkembang di mulai di Semenanjung Arab. Mengutip National Coffee Association (NCA) USA, di abad ke 16, kopi mulai dikenal di Persia, Mesir, Siria, dan Turki.

Dalam perkembangan selanjutnya, suku Galla di Afrika Timur memanfaatkan kopi sebagai makanan.

3 dari 6 halaman

Pertanyaan kedua

2. Yang manakah dari ungkapan di bawah ini yang bukan merupakan slang dari kopi?

a.     Java

b.     Jitters

c.      Cup of Joe

d.     Mud

 

Jawabannya adalah C. Cup of Joe.

 

Dikutip dari Coffe.org ada 20 istilah slang yang merujuk pada kopi, di antaranya:

1. Joe2. Dirt 3. Mud 4. Java 5. Brew 6. Cuppa 7. Go Juice 8. Jitter Juice 9. Bean Juice 10. Brain Juice11. High Octane 12 .Wakey Juice 13. Morning Jolt 14. Liquid Energy 15. Caffeine Infusion 16. Cupped Lighting 17. Leaded and Unleaded 18. Rocket Fuel (Strong Coffee) 19. Worm Dirt (REALLY Strong Coffee), dan20. C8H10N4O2 (Caffeine Molecule).

4 dari 6 halaman

Pertanyaan ketiga

Di bawah ini adalah tiga jenis kopi yang populer, kecuali?

a.     Robusta

b.     Arabica

c.      Liberica

d.     Café au lait

 

Jawabannya adalah d. Cafe au lait

Dikutip dari Wikipedia, Café au lait berasal dari bahasa Prancis, yang artinya 'kopi susu'. Café au lait adalah campuran kopi hitam yang tajam dengan susu panas.

Café au lait memiliki kesamaan dengan caffé latte, tetapi café au lait menggunakan kopi hitam dan bukan espresso.

Adapun Robusta, Arabica, dan Liberica adalah jenis kopi yang berbeda karakteristiknya, tergantung dari di  mana ditanamnya. Hal umum yang orang–orang tahu perbedaan ketiganya adalah jika kopi Arabica adalah jenis kopi yang rasanya cenderung asam. Kopi Robusta adalah kopi yang rasanya lebih pahit. Sedangkan untuk kopi Liberika adalah kopi yang cenderung pahit dan kental dengan tingkat keasaman rendah.

5 dari 6 halaman

Pertanyaan keempat

4. Apakah senyawa kimia yang terdapat dalam kopi yang meningkatkan gairah bagi para peminumnya?

a.     Klorine

b.     Kafein

c.      Niacin

d.     Sodium

 

Jawabannya adalah B. Kafein

Kafein merupakan stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia, biasanya dalam bentuk kopi dan teh. Senyawa berbentuk bubuk kristal berwarna putih ini memiliki rasa yang pahit. Meski demikian, kafein memiliki manfaat dalam dunia kesehatan, yakni menstimulasi kerja jantung dan meningkatkan produksi urine atau bersifat diuretik.

Minum dua cangkir kopi setiap hari diyakini bermanfaat bagi kesehatan. Seperti dikutip dari berbagai sumber, kopi memiliki manfaat bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan kafein dapat melindungi sel otak manusia, sehingga menurunkan risiko perkembangan beberapa penyakit seperti Parkinson dan Alzheimer.

Secangkir kopi juga dapat merangsang kantong empedu dan mengurangi risiko penumpukan batu pada empedu.

Kafein dalam kopi juga bermanfaat menenangkan pembuluh darah, sehingga dapat membantu meredakaan sakit kepala. Kopi juga mengurangi peradangan dan dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, stroke, dan diabetes tipe II.

 

6 dari 6 halaman

Pertanyaan kelima

5. Di kota manakah di Eropa yang memiliki kedai kopi yang pertama?

a.     Florence

b.     Oslo

c.      Paris

d.     Venice

 

Jawabannya adalah d. Venice

Ide minum kopi pertama dengan krim dan gula awalnya ada di Eropa pada 1529 dan ini adalah waktu sama saat kedai kopi pertama di Eropa didirikan.

Meski kopi ditemukan pertama kali di Ethiopia, menariknya tradisi minum kopi justru berkembang pesat di daratan Eropa. Bahkan, hingga kini kedai kopi tertua di dunia pun dapat ditemui di sana. Tepatnya di Venesia Italia. Di sana kamu bakal menemui kedai kopi tertua yang sudah berdiri sejak abad 18.

Kafe yang pertama kali berdiri adalah Caffe Florian, didirikan oleh seseorang bernama Floriano Francesconi pada Desember 1720. Menurut info dari laman Comunicaffe, Caffe Florian mulanya didirikan dengan nama 'Alla Venezia Trionfante'. Sejak saat itu, kedai kopi ini menuai kesuksesan luar biasa.

Caffe Florian ini dikenal sebagai kedai kopi eksklusif dengan interior klasik khas Eropa, yang terdiri dari meja kursi berornamen emas, kaca besar, kayu tradisional berhaga, hingga lampu-lampu mewah.

Adanya kafe ini mendapat sambutan baik dan sejak itu mulailah bermunculan kedai-kedai kopi yang tak hanya menjual kopi tetapi juga makanan manis sebagai teman minum kopi. Pada masa itu popularitas kopi merebak dan berkembang hingga ke Inggris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.