Sukses

Lomba Masak Lemang dan Rendang, Cara Warga Padang Sambut Tahun Baru Islam

Lomba ini digelar pengurus masjid di wilayah Siteba Padang.

Liputan6.com, Padang - 1 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada 30 Juli 2022. Di Kota Padang, Sumatera Barat, warga memiliki cara unik untuk menyambut Tahun Baru Islam ini, yakni dengan lomba membuat lamang (lemang) dan rendang.

Lomba ini digelar oleh warga di kawasan Siteba, Kecamatan Nanggalo, yang diinisiasi oleh oleh pengurus Masjid Raya Almunawarah di daerah itu.

Uniknya, dalam lomba ini yang membuat lemang dilakukan oleh kaum ibu-ibu, sedangkan untuk rendang dilakukan oleh kaum pria.

Ketua pelaksana kegiatan menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah di Masjid Raya Almunawarah, Johny Nurdin menjelaskan, kegiatan malamang bagi ibu-ibu dan marandang bagi bapak-bapak lebih untuk melestarikan kuliner khas dari Minangkabau.

"Peserta Malamang dan Marandang ini melibatkan enam RW yang ada di sekitar Masjid Raya Almunawarah, Siteba Padang," ujarnya, Sabtu (30/7/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Anak Muda

Ia menyebut kegiatan ini melibatkan anak muda, yang bertujuan melestarikan masakan khas dari Minangkabau, dengan regenerasi cara memasak masakan khas tersebut.

Lomba merandang dan malamang ini, menurutnya pertama kali diadakan di mesjid dalam perayaan 1 Muharram 1444 Hijriah. Ia berharap, lomba seperti ini juga di buat oleh mesjid-mesjid lain yang ada di Kota Padang.

Johny Nurdin memaparkan juga, lomba merandang dan melamang ini tidak mencari pemenang, tetapi menciptakan kebersamaan antar rukun warga yang ada di lingkungan Masjid Raya Almunawarah, Siteba, Padang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.