Sukses

Dari Ketombe hingga Rontok, 5 Jenis Masalah Rambut dan Cara Jitu Menanganinya

Kenali berbagai masalah rambut yang umum terjadi dan cara terbaik untuk mengatasinya:

Liputan6.com, Yogyakarta - Memiliki rambut yang sehat adalah dambaan setiap orang. Namun, sesering apa pun kamu merawat rambut dengan keramas atau menggunakan alat styling, rambut tetap dapat menunjukkan masalah yang tidak beres.

Berbagai permasalahan pada rambut seringkali terjadi meskipun kamu sudah melakukan macam-macam perawatan. Untuk itu, yuk, kenali permasalahan rambut yang umum terjadi dan cara terbaik untuk mengatasinya:

1. Rambut berketombe

Meski tidak berbahaya, ketombe bisa menjadi gangguan serius dan perlu segera ditangani. Rajin lakukan eksfoliasi kulit kepala dengan menggunakan bahan salicylic acid untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

Kamu juga bisa memilih sampo anti ketombe yang mengandung zinc untuk menangkal ketombe. Pilih sampo yang memiliki sifat anti mikroba dan anti-inflamasi yang efektif melawan ketombe.

2. Rambut bercabang

Rambut bercabang terjadi saat minyak dari kulit kepala tidak mencapai ujung rambut, sehingga ujung rambut mengering dan pecah. Satu-satunya cara memperbaiki rambut bercabang adalah memotongnya secara rutin agar tetap sehat. 

Sebelum rambut bercabang terjadi, kamu bisa mencegahnya sejak awal dengan serum keratin yang dapat membantu menyatukan ujung-ujung rambut dan mencegahnya naik lebih jauh ke atas helai rambut. Langkah pencegahan lainnya adalah dengan mengeringkan rambut dengan lembut menggunakan handuk dan menyisir rambut dengan sisir bergigi halus untuk mencegah kusut.

Saat menggunakan alat penata rambut yang panas, kamu juga perlu memperhatikan frekuensi atau temperaturnya. Kamu bisa menambahkan sedikit hair oil ke ujung rambut untuk meminimalkan tampilan ujung bercabang sekaligus menutrisi rambut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rambut berminyak

3. Rambut berminyak

Beberapa faktor yang menyebabkan rambut berminyak adalah perubahan hormonal dan pola makan tidak sehat. Terlalu sering keramas juga menjadi penyebab rambut berminyak.

Sebab, hal itu justru dapat membuat kulit kepala kering dan menyebabkan produksi minyak menjadi berlebih karena kulit kepala perlu mengimbangi kekeringan tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu perlu melakukan perawatan rambut yang berfokus pada keseimbangan pH kulit kepala. Gunakan bahan-bahan seperti lactic acid untuk mengontrol produksi sebum.

4. Rambut kering

Jika rambut kamu terasa kering dan kasar, artinya rambut kamu kekurangan hidrasi dan nutrisi yang cukup. Asam lemak seperti vitamin B5 serta omega 3 dan 6, dapat membantu menutrisi rambut kering.

Ketidakseimbangan hormon, terkena paparan sinar matahari, polusi, perawatan kimia hingga penataan rambut dengan panas tinggi juga menjadi penyebab rambut kering. Gunakan masker rambut dan minyak rambut untuk memperbaiki masalah ini karena kedua produk haircare tersebut bermanfaat untuk melembapkan, melembutkan helai rambut, serta membuat rambut berkilau dan mudah diatur. 

5. Rambut rontok

Rambut rontok umumnya adalah hal yang normal terjadi setiap harinya. Umumnya, jumlah maksimal kerontokan yang dialami setiap orang yakni 100 helai per harinya.

Beberapa faktor penyebab penipisan dan kerontokan rambut, di antaranya stres, ketidakseimbangan hormon, dan penggunaan produk rambut yang tidak cocok. Pastikan kamu mengetahui apa penyebab dari rambut rontok yang dialami untuk mengambil langkah tepat mengatasinya.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok, yakni mengonsumsi makanan kaya protein, beralih ke sampo yang ringan dan lembut, memijat kulit kepala, menjaga hidrasi rambut, dan olahraga secara teratur. Hindari mengikat rambut dengan kencang dan pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum mengenakan hijab atau penutup kepala. 

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.