Sukses

Kemenkoinfo Ajak Pelajar di Takalar Bangun Literasi Digital dengan Kearifan Lokal

Kemenkoinfo Ajak Pelajar di Takalar Bangun Literasi Digital dengan Kearifan Lokal

Liputan6.com, Takalar - Perkembangan dunia digital saat ini sangatlah pesat, Internet menjadi salah satu kekuatan pendorong globalisasi yang paling nyata.

Setiap negara kini tengah berlomba mempercepat penetrasi internet ke daerah, termasuk Indonesia. Menurut laporan We Are Social 2021, lebih dari 70% total populasi di Indonesia merupakan pengguna internet dan mereka menghabiskan lebih dari 8 jam di dunia digital.

Saat ini, pemahaman literasi digital terutama kepada para pelajar sangatlah penting. Apalagi, kedepan mereka ini akan menjadi harapan pemberdayaan literasi digital Indonesia.

Pembuktian ini menjadi sangat penting karena banyaknya temuan survei yang menunjukkan bahwa literasi digital Indonesia perlu ditingkatkan.

Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Siber kreasi mengadakan Program Khusus Untuk Peserta Siswa-Siswi SMP Kabupaten Takalar agar Makin Cakap Digital di Tahun 2022 lewat Zoom, Kamis (11/8/2022).

Kegiatan Webinar Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, agar masyarakat makin cakap digital dalam memanfaatkan internet demi menunjang kemajuan bangsa.

Salah seorang narasumber Rosnaini Daga berbagi tips mengenai aman 'Berselancar' di Media Digital diantaranya beretika dan menjaga perilaku bahasa serta komunikasi.

" Kita memanfaatkan sisi positif media sosial, telusuri fakta sebelum membagikan informasi dan tetap waspada dan jangan mudah percaya," jelas Rosnaini.

Rosnaini mengajak para pelajar ini, membangun literasi digital dengan tetap kearifan lokal tentunya. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini cukup menarik perhatian dan antusias peserta.  Selain mendapatkan wawasan lewat pencerahan dari sejumlah narasumber.

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.