Sukses

Simak Tips Mudah Lulus Ujian SIM A Teori dan Praktik

Surat izin mengemudi merupakan syarat mutlak yang ditetapkan kepada setiap individu saat berkendara

Liputan6.com, Jakarta - Apabila anda termasuk orang yang sering bepergian menggunakan mobil sendiri, maka wajib memiliki kelengkapan administrasi salah satunya SIM A.

Surat izin mengemudi merupakan syarat mutlak yang ditetapkan kepada setiap individu saat berkendara. Untuk mengajukan Smart SIM baik itu SIM A, SIM B, ataupun SIM C membutuhkan persiapan matang, mulai dari pengetahuan teoritis dan juga praktik. Anda yang belum memahami teori terkait lalu lintas harus mempelajari secara menyeluruh. 

Ditambah lagi anda juga harus mempelajari praktik mengemudi mobil yang tepat. Berikut tips mengikuti teori dan praktik ujian SIM A dirangkum dari berbagai sumber: 

Ujian Teori SIM A

Dalam ujian teori SIM A terdiri dari setidaknya 30 soal yang harus dijawab secara real time menggunakan komputer. Minimal jumlah soal yang dijawab benar agar dapat lulus adalah sebanyak 21 soal. 

Jika jawaban yang benar kurang dari 21 soal maka diharuskan mengulang sekitar 14 hari ke depan. Berikut adalah tips lulus tes SIM mobil teori:

1. Berlatih Simulasi Ujian

Anda harus membiasakan diri berlatih dengan soal-soal ujian terkait lalu lintas melalui website resmi Korlantas Polri. Terdapat setidaknya 174 contoh soal ujian Smart SIM yang bisa anda coba jawab. 

Soal-soal yang keluar di website Korlantas akan dapat membantu Anda untuk mengetahui model pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan.

Pada umumnya, soal yang akan keluar adalah soal terkait tata tertib berkendara termasuk tanda rambu-rambu lalu lintas. 

Anda mungkin akan ditanya cara mengemudi seperti apakah yang benar jika melewati tanda rambu tertentu. Oleh karena itu biasakan untuk mengenali tanda rambu-rambu lalu lintas. 

2. Pahami Prioritas Kendaraan pada Persimpangan Jalan

Banyak orang yang ternyata tidak memahami terkait prioritas kendaraan ketika berada di persimpangan jalan. Soal terkait prioritas kendaraan ini sering muncul pada ujian teori. 

Ada tiga catatan terkait prioritas kendaraan. Yaitu kendaraan yang berjalan lurus, kendaraan yang akan berbelok ke arah kiri dan berada di jalurnya.

Terakhir, adalah prioritas kendaraan yang harus memotong jalur karena akan belok ke kanan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ujian Praktik SIM A

Apabila anda telah lulus ujian teori untuk mendapatkan Smart SIM, maka tahap terakhir dan pamungkas adalah ujian praktik. 

Banyak yang mengatakan bahwa ujian praktik adalah ujian yang paling sulit dibandingkan ujian teori. Agar dapat lulus ujian praktik, ada lima poin terkait ujian praktik yang harus dikuasai:

1. Parkir Paralel

Anda sebaiknya mempelajari teori untuk melakukan parkir paralel sebelum mencoba bagian ini.

2. Lurus Mundur, Lurus Maju

Nanti akan ada patok pembatas yang dipasang di sisi kanan kiri mobil selama anda praktik mengemudikan lurus maju dan mundur. Tips paling penting adalah konsentrasi serta terus perhatikan spion kiri dan kanan mobil agar jangan sampai menyentuh patok. 

3. Zig zag mundur dan maju

Banyak peserta yang gagal di ujian praktek zig zag mundur. Tentu Kamu harus sering berlatih terlebih dahulu sebelum mencoba ujian ini. 

Kuncinya adalah Anda harus tahu kapan momen yang tepat untuk membanting setir ke kiri atau ke kanan full dan kapan harus meluruskan setir perlahan.

Tips lulus tes SIM mobil adalah berlatih yang serius sebelum menjalani ujian. Anda tidak boleh meremehkan baik ujian teori ataupun ujian praktik.