Sukses

Kamu Orang Sibuk Atau Produktif? Kenali Perbedaannya

Dalam mengambil keputusan, orang sibuk selalu lebih cepat jika dibandingkan dengan orang produktif

Liputan6.com, Jakarta - Cara bertindak dan mengambil keputusan, juga memengaruhi hasil kerja antara orang produktif dan orang sibuk. 

Cara mereka bertindak dan mengambil keputusan sangat berbeda. Dalam mengambil keputusan, orang sibuk selalu lebih cepat jika dibandingkan dengan orang produktif. 

Kebanyakan orang sibuk tidak berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan dan bertindak. Bagi mereka yang penting cepat jika hasilnya buruk itu urusan belakang. 

Sangat berbeda dengan orang produktif, mereka selalu berpikir dua kali jika mengambil keputusan dan bertindak. 

Karena produktivitas adalah suatu hal yang utama, dan mereka enggan membuang kesempatan dan waktu yang dimiliki hanya karena ingin lebih cepat.

Orang produktif akan fokus dengan satu pekerjaan dan memaksimalkan waktu yang dia punya. Fokus mereka saat melakukan pekerjaan itu adalah hal yang sangat berbeda. 

Orang sibuk lebih berfokus pada tindakan yang multitasking, sedangkan orang produktif akan lebih fokus pada kejelasan dan hasil dari tindakan yang mereka lakukan. 

Jadi, dengan kata lain, dari sekian banyak tindakan yang dilakukan oleh orang yang sibuk, maka hasilnya tidak maksimal dengan kualitas yang biasa saja. 

Sedangkan, dari sedikit tindakan yang dilakukan oleh mereka yang produktif, maka kemungkinan semuanya berhasil lebih besar, karena fokus kerja mereka jelas.

Bagaimana cara mereka meluangkan waktu dan menikmati hidup. Orang produktif mampu membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan kehidupannya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan Lain

Dengan begitu dia memiliki kesempatan bersantai dan menikmati hidup lebih besar. 

Sedangkan orang sibuk selalu kehilangan waktu untuk sekadar bersantai karena memilih mengisi waktu mereka dengan kesibukan-kesibukan yang tiada henti. 

Karena mereka tak mampu mengatur dan membagi waktu bagi kehidupannya sendiri. Orang produktif tak suka mengumbar tentang kegiatan kerjanya, tetapi dia lebih suka menunjukkan tentang hasil kerjanya. 

Bagaimana cara mereka bersikap pada orang di sekitar. Seolah orang lain perlu tahu, orang sibuk akan terus menerus berusaha membicarakan betapa sibuknya dia dan betapa semua waktunya tersita hanya untuk pekerjaannya.

Sangat bertolak belakang dengan orang produktif, mereka tidak suka mengumbar kegiatannya yang padat, melainkan langsung menunjukkan bagaimana hasilnya kepada orang di sekitarnya. Orientasi orang produktif dan orang sibuk dalam bekerja sangat jauh berbeda. 

Orientasi mereka dalam bekerja sangat jauh berbeda. Orientasi seseorang dalam melakukan pekerjaan sangat berhubungan dengan motivasi dan juga prioritas awal. 

Sehingga, wajar jika hal itu akan membedakan bagaimana orientasi akhir seorang yang sibuk dengan mereka yang produktif dalam bekerja. 

Orang sibuk memiliki orientasi akhir sebuah proses dalam bekerja, mereka akan melihat dan menunjukkan bagaimana sebuah proses yang benar dalam bekerja. 

Sedangkan, orang produktif lebih mementingkan bagaimana hasil dari pekerjaan yang dilakukan, apakah memuaskan atau tidak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.