Sukses

Ditetapkan sebagai Kota Musik Dunia, Berikut 5 Musisi Terkenal Asal Ambon

5 Musisi Indonesia dengan ciri khas suara kuat nan lembut.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai daerah di Indonesia memiliki keragamannya masing-masing. Maluku telah dikenal sejak lama sebagai penghasil rempah-rempah terbesar dan terbaik pada zamannya. Tak hanya itu, kota Ambon, Maluku ini juga dijuluki sebagai "City of Music" oleh UNESCO pada tahun 2019 dikarenakan Ambon masuk dalam kota kreatif pada kriteria musik di dunia. Tidak heran, jika banyak musisi Indonesia yang berasal dari daerah Maluku. 

Lantas, siapa saja musisi berdarah Maluku? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

1. Glenn Fredly

Sepanjang era 90-an sampai sekarang, penyanyi bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini telah menghasilkan karya yang luar biasa. Bung Glenn lahir pada 30 September 1975. Orangtuanya adalah Hengky Latuihamallo dan Linda Latuihamallo.

Beragam lagu ciptaannya pun berhasil menjadi sorotan publik sampai saat ini. Semasa hidupnya, musisi berdarah Maluku ini telah memberi banyak kontribusi kepada orang di sekitarnya. Tak heran jika dijuluki sebagai Sang Abdi Lingkungan dan Peduli Kemanusiaan, sampai kini dikenang menjadi salah satu legendaris di Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. Regina Ivanova

Penyanyi bersuara emas yang merupakan jebolan ajang bakat Indonesia Idol pada tahun 2012 ini memiliki keturunan Bulgaria-Maluku. Penyanyi kelahiran 4 Desember 1985 ini memiliki suara yang merdu hingga dijuluki sebagai Adele Indonesia.

Usai menjadi juara Idol, perempuan bernama lengkap Regina Ivanova Polapa mengeluarkan beberapa single, yakni Kemenangan pada tahun 2012, Terlalu Indah di tahun 2013, dan Aku Jatuh Cinta di tahun 2014. Kini, Regina Idol resmi menjadi ibu dari anak pertamanya pada tahun 2021 silam dan sedang menjalani bisnis bersama suaminya.

4 dari 6 halaman

3. Gamaliel Tapiheru

Pemilik nama asli Gamaliel Krisatya Tapiheru ini lahir pada tanggal 9 Oktober 1990. Anak dari pasangan Magdalena Budiharjo Tapiheru dan George Stefanus Elisha Tapiheru ini dikenal lewat aksinya mengcover lagu di Youtube bersama adiknya, yakni Audrey Tapiheru. Kakak beradik berdarah Ambon ini sempat menjalani karirnya di grup vokal yang bernama GAC. Setelah 10 tahun berkarya bersama GAC, kini Gamal memutuskan untuk hengkang dari GAC dan melanjutkan langkah solo karirnya dengan sukses merilis single terbaru pada tahun 2021 silam.

5 dari 6 halaman

4. Monita Tahalea

Monita Angelica Maharani Tahalea atau kerap disapa Momon lahir di Jakarta, 21 Juli 1987. Penyanyi pop Tanah Air ini mengawali karir di dunia tarik suara dengan mengikuti ajang bakat Indonesia Idol pada tahun 2005. Walaupun tidak berhasil menjadi juara, perempuan berdarah Ambon ini mampu berkembang dengan merilis album solonya pada tahun 2010. Meski kini jarang tersorot di layar kaca, tetapi Monita Tahalea tetap setia di dunia tarik suara.

6 dari 6 halaman

5. Igo Pentury

Bukan hanya Regina Ivanova, jebolan ajang bakat Indonesia Idol pada 2010 yang bernama Igo Pentury lahir di Ambon pada pada 19 Februari 1993. Penyanyi muda asal Kota Musik ini berhasil mengalahkan Citra Scholastika pada ajang bakat tersebut. Selain disibukkan dengan profesinya sebagai penyanyi, kini Igo juga tengah sibuk menjalani bisnis pertambangan batu miliknya di Minahasa, Sulawesi Utara.

Video Terkini