Sukses

Simak Kandungan Bahan Alami Jahe untuk Obati Batuk

Diketahui, jahe menjadi salah satu tanaman obat yang bisa anda konsumsi secara rutin dan bagaimana fungsi kandungan dari tanaman herbal tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Batuk adalah gangguan kesehatan yang kerap kali membuat kesal karena sangat mengganggu. Terlebih ketika batuk yang menyerang adalah tak berdahak sehingga terasa sangat gatal di tenggorokan dan sakit saat batuk.

Banyak cara menyembuhkan batuk yang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Salah satunya menggunakan bahan alami herbal yakni Jahe.

Diketahui, jahe menjadi salah satu tanaman obat yang bisa anda konsumsi secara rutin. Terutama di saat musim hujan begini yang sering membuat badan terserang flu dan batuk.

Bagaimana sebenarnya fungsi jahe untuk mengatasi batuk dan bisa kita manfaatkan dengan baik? Yuk langsung simak penjelasan begitu untuk mengetahuinya!

Kandungan Jahe

Seperti yang sudah kita ketahui, khasiat jahe sangat banyak dan bermanfaat untuk tubuh. Terlebih Sahabat sedang mengalami badan meriang lalu terkena flu yang kemudian terserang batuk menyebalkan.

Jahe bisa mengurangi batuk dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan senyawa anti peradangan. Senyawa ini bisa membuat membran saluran pernapasan rileks sehingga napas lebih lancar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Jahe

Tidak perlu bingung untuk membuat air jahe untuk batuk yang bisa anda konsumsi secara rutin untuk meredakan tenggorokan yang sedang bermasalah. Bahan yang perlu anda sediakan tentu saja jahe dan air.

Jika memang anda membutuhkan rasa tambahan supaya rasa pedas tidak terlalu menyengat, anda bisa menambahkan gula atau madu. Jahe yang anda punya terlebih dahulu harus dicuci hingga bersih.

Gosok secara perlahan di bagian kulit, agar kotoran yang menempel benar- benar bersih. Lalu iris tipis jahe. Setelah itu, anda rebut irisan jahe tersebut ke dalam air yang sudah ditakar sesuai kebutuhan, satu gelas misalnya.

Cukup rebut jahe hingga mendidih lalu tuangkan ke dalam gelas dengan terlebih dahulu disaring agar irisan jahe tidak mengganggu ketika meminumnya. Tambahan gula atau madu sedikit saja ya. Konsumsi air jahe untuk batuk setiap hari, segelas untuk pagi dan segelas untuk sore hari.

Ramuan Jahe dan Lemon

Kerap kali, untuk mengonsumsi air jahe memang seringkali dihindari, terlebih yang tidak menyukai rasa pedas dan panas yang ditimbulkan jahe. Namun, sebenarnya rasa ini loh yang bisa dengan mudah meredakan batuk.

Untuk menghindari rasa pedas dari air jahe yang dominan, anda bisa menambahkan lemon. Sari lemon tersebut juga sekaligus berguna untuk menambah kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Cara membuat ramuannya sangat gampang sebagaimana membuat air jahe yang sudah dijelaskan di awal. Bedanya, saat air jahe sudah mendidik lalu dituangkan ke gelas, anda tambahkan perasan lemon ke dalam gelas. Lalu diminum deh selagi hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.