Sukses

Pemkot Tarakan Gelar Festival Iraw Tengkayu 1-8 Oktober 2022, Banyak Acara Seru

Usai vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19, Pemkot Tarakan kembali menggelar Festival Iraw Tengkayu.

 

Liputan6.com, Jakarta Usai vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19, Pemkot Tarakan kembali menggelar Festival Iraw Tengkayu. Pemkot menjanjikan, festival yang digelar mulai 1-8 Oktober 2022, ini berlangsung lebih meriah. 

"Tahun ini kembali kami laksanakan setelah hampir dua tahun. Dulu kita laksanakan di Desember, sekarang Oktober. Kalau di Desember itu suka bersamaan dengan agenda lain. Tahu ini akan lebih meriah, terlihat dari rangkaian durasi yang lebih panjang," ungkap Wali Kota Tarakan Khairul, Selasa (27/9/2022).

Tak hanya festival budaya, Khairul menjelaskan, Festival Iraw Tengkayu tahun ini juga kan diramaikan sejumlah pentas kesenian, pameran UMKM, hingga permainan, dan kuliner tradisional.

"Waktunya lebih lama, kita sampai seminggu. Jadi, pasti lebih meriah," ungkap Khairul.

Festival Iraw Tengkayu tahun ini, kata Khairul, diharapkan bisa mendongkrak pariwisata di wilayahnya. Kemudian, pendapatan dari sektor UMKM juga terus meningkat. Yang nantinya bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat Bumi Paguntaka.

"Untuk sektor pariwisata saat ini kita di angka 2 persen pendapatan daerah. Mayoritas memang masih dari UMKM yakni 67 persen. Kita berharap agar event ini bisa meningkatkan pariwisata dan sektor UMKM di Tarakan," katanya.

Festival Iraw Tengkayu sendiri telah masuk ke dalam 100 event kalender nasional, yang artinya bakal dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno serta perwakilan dari sejumlah negara sahabat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.