Sukses

Tips Mewarnai Rambut Ombre, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Untuk mendapatkan rambut dengan pewarnaan ini, kamu bisa melakukan beberap tahap berikut

Liputan6.com, Yogyakarta - Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang tak luput dari perawatan. Rambut yang sehat dan memiliki warna berkilau akan menambah kepercayaan diri bagi seseorang.

Jika kamu seseorang yang cukup sibuk dan tak punya waktu untuk ke salon tetapi ingin mengubah penampilan warna rambut, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Ada banyak teknik pewarnaan rambut yang bisa dicoba untuk membuat tampilan lebih fresh dan terlihat baru, salah satunya ombre.

Warna rambut ombre memiliki ciri khas pewarnaan bagian bawah yang lebih terang dari bagian atasnya atau yang biasa disebut ombre tradisional. Ada juga ombre reverse, yakni warna rambut yang bagian ujungnya lebih gelap dengan akar yang lebih terang.

Untuk mendapatkan rambut dengan pewarnaan ini, berikut tips mewarnai rambut ombre:

1. Persiapkan diri dan rambutmu

Hal utama yang paling penting adalah memantapkan diri untuk mengubah warna rambut. Selanjutnya, kamu bisa memilih warna yang cocok dengan warna kulitmu.

Pilihan warna yang aman digunakan adalah warna cokelat yang lebih terang, warna merah atau auburn, serta warna blonde. Pilih warna yang dua tingkat tidak lebih terang dari warna rambutmu.

Semakin halus perubahan warnanya, rambut akan terlihat lebih alami saat terkena sinar matahari. Jika memungkinkan, carilah pewarna yang ringan atau alami yang tidak terlalu merusak rambut.

Hal lain yang perlu disiapkan adalah gunakan pakaian yang tak mudah kotor. Selain itu, penggunaan sarung tangan juga diperlukan untuk menghindari iritasi pada tangan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bleaching

2. Mulai bleaching

Bleaching perlu dilakukan untuk menghilangkan warna rambut. Metode pemutihan rambut di rumah yang paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan peroksida volume 20 dan bubuk pemutih rambut dalam porsi yang sama.

Campurkan 60 ml peroksida volume 20 dan bubuk pemutih sebanyak 60 gram hingga benar-benar tercampur rata menjadi adonan krim. Lakukan pencampuran pemutih rambut di area yang bersirkulasi udara baik agar tidak terlalu banyak menghirup uap yang keluar dari bahan tersebut.

Selanjutnya, bagi rambut menjadi beberapa bagian untuk memudahkan proses bleaching secara bertahap. Sasak rambut di sekitar area tempat bermulanya efek ombre yang diinginkan.

Menyasak rambut pada area tersebut akan membantu mencegah adanya batas garis yang mencolok di tempat membubuhkan pemutih. Gunakan sikat kecil atau kuas kecil yang lembut untuk membubuhkan pewarna atau pemutih rambut.

Selanjutnya, biarkan pemutih meresap ke dalam rambut selama beberapa menit, bergantung pada seberapa terang warna rambut yang diinginkan. Umumnya, waktu yang akan dibutuhkan untuk membiarkan pemutih meresap adalah selama 10-45 menit.

Setelah didiamkan dalam waktu yang cukup, kemudian bilas rambut dari pemutih dengan tetap mengenakan sarung tangan. Sebaiknya bilas rambut dengan air hangat.

Setelah itu, cucilah rambut dengan sampo bebas sulfat. Pastikan membilas seluruh pemutih pada rambut, jika tidak warna rambut akan terus memudar dan hindari menggunakan kondisioner pada tahap ini.

 

3 dari 3 halaman

Pewarnaan

3. Tahap pewarnaan

Sebelum memulai, pastikan rambut dalam keadaan kering. Selanjutnya, lakukan pembagian rambut untuk lebih memudahkan dalam proses pewarnaan.

Jangan lupa untuk tetap menggunakan sarung tangan pada tahap ini. Selain itu, pastikan mencampur pewarna di area yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

Ikuti petunjuk penggunan yang tertera pada kemasan pewarna rambut agar dapat membubuhkannya dengan benar. Pastikan membubuhkan pewarna ke seluruh rambut yang ingin warnai.

Periksa setiap helai rambut untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan. Biarkan pewarna meresap atau ikuti petunjuk pada kemasan agar dapat menentukan lamanya pewarna didiamkan pada rambut.

Selanjutnya, bilas rambut dari pewarna menggunakan air hangat dengan tetap mengenakan sarung tangan. Kemudian, keramaslah dengan sampo bebas sulfat dan gunakan deep conditioner agar membantu mengembalikan kelembapan rambut.

Keringkan dan tatalah rambut seperti biasa. Sebaiknya biarkan rambut mengering alami dan hindari alat-alat penata rambut yang menggunakan suhu panas.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.