Sukses

Ragam Ritual dan Tradisi Unik Ini Hanya Ada di Indonesia

Berikut beberapa ritual unik Indonesia

Liputan6.com, Yogyakarta - Indonesia memiliki segudang budaya dan tradisi unik yang beragam. Sebagai negara yang masih menjunjung tinggi sebuah tradisi yang dilestarikan, masing-masing tradisi tersebut tentu saja memiliki ritualnya masing-masing.

Mengutip dari kemlu.go.id, beberapa tradisi tersebut bahkan jarang diketahui masyarakat luas atau masyarakat luar daerah pemilik tradisi. Berikut beberapa ritual unik Indonesia:

1. Kerik Gigi

Kerik gigi merupakan tradisi menggores dan mengasah gigi menjadi runcing di Suku Mentawai. Tradisi ini umumnya dilakukan oleh para wanita di wilayah tersebut.

Tradisi ini dipercaya membuat wanita menjadi lebih cantik dan menawan. Selain itu, ritual ini juga sebagai penanda bahwa para wanita tersebut telah menginjak usia dewasa.

2. Kebo-keboan

Kebo-keboan merupakan salah satu upacara tradisional yang dilakukan oleh para petani di Banyuwangi. Seperti namanya, dalam tradisi ini para petani tersebut seolah bertransformasi menjadi kebo atau kerbau.

Tradisi ini dilakukan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan atas panen yang melimpah. Selain sebagai ungkapan syukur, tradisi ini juga merupakan doa agar proses tanam benih di tahun berikutnya dapat menghasilkan panen yang melimpah pula.

3. Fahombo

Tradisi unik selanjutnya adalah fahombo. Fahombo juga biasa disebut sebagai hombo batu atau lompat batu.

Selain sebagai olahraga tradisional, tradisi ini juga merupakan sebuah ritual untuk menandai kedewasaan laki-laki di Suku Nias. Dalam tradisi ini, mereka harus melompati tumpukan batu yang telah diatur secara khusus.

Umumnya, batu yang harus dilompati dalam fahombo berbentuk seperti sebuah monumen piramida dengan permukaan atas yang datar. Tumpukan batu tersebut biasanya memiliki tinggi sekitar 2 meter dengan ketebalan 40 cm atau lebih.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini: