Sukses

Serunya Siswa SMA Negeri 16 Medan Belajar Fotografi dan Videografi Dimentori IJTI Sumut

Ikatan Jurnalis Televisi Sumatera Utara (IJTI Sumut) menyambangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 16 Medan yang terletak di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Liputan6.com, Medan Ikatan Jurnalis Televisi Sumatera Utara (IJTI Sumut) menyambangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 16 Medan yang terletak di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Kedatangan para pengurus dan anggota IJTI Sumut ke SMA Negeri 16 Medan dalam rangka melaksanakan program IJTI Goes To School yang merupakan program kerja IJTI Sumut.

Sebanyak 60 orang siswa dan siswi yang mayoritas duduk di Kelas XII dengan antusias mengikuti pelatihan tentang dasar-dasar fotografi dan videografi yang dibawakan Efri Gunanda selaku Bidang Multimedia IJTI Sumut, serta materi video editing dibawakan Zen Setia selaku Bidang Organisasi.

Ketua IJTI Sumut, Tuti Alawiyah Lubis mengatakan, materi fotografi yang disampaikan yakni pengenalan teknik-teknik pengambilan foto jurnalistik, komposisi pencahayaan, hingga sudut pandang pengambilan foto.

Sedangkan materi videografi para peserta disuguhi tentang pengenalan kamera video dan bagian-bagian yang terdapat di dalamnya, pengenalan lensa dan berbagai jenisnya, serta teknik pengambilan gambar menggunakan kamera video.

"Untuk materi tentang video editing para peserta menyerap pengetahuan terkait langkah-langkah editing, jenis-jenis editing hingga pengetahuan yang disebut mind mapping atau proses memindahkan bentuk pemikiran ke dalam bentuk tulisan atau gambar (video)," kata Tuti, Selasa (1/11/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Edukasi Kaum Remaja

Diungkapkan Tuti, selain merupakan program kerja, IJTI Sumut Goes To School merupakan upaya para Jurnalis televisi guna mengedukasi kaum remaja, terutama yang berstatus sebagai siswa dan siswi agar dapat menggunakan teknologi berupa smartphone.

"Agar menjadi produk multimedia yang kreatif dan bermanfaat," ujarnya.

Diterangkan Tuti, di era teknologi saat ini, pihaknya juga ingin mengedukasi para remaja yang berstatus pelajar agar lebih dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi menjadi sebuah hal yang mempertajam kreativitas.

"Sehingga bermanfaat bagi dirinya sendiri serta orang lain," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Pengalaman dan Edukasi

Franz Depari selaku Staf Kesiswaan SMA Negeri 16 Medan, menyatakan, dengan digelarnya pelatihan dan program IJTI Sumut Goes To School ini, dapat memberi pengalaman dan edukasi yang baik, terutama di bidang video jurnalistik kepada para siswa dan siswi.

"Kami juga mengharapkan adanya kegiatan lanjutan untuk pelatihan seperti ini. Semoga ilmu yang sudah dibagi pemateri dapat diserap para siswa dan siswi, dan dapat berguna serta diterapkan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.