Sukses

13.600 Pelamar Bersaing Dapatkan 4.000 Loker di Job Fair 2022 Kota Bandung 

Job Fair diharapkan bisa turut menekan angka pengangguran di Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung menggelar Job Fair atau bursa kerja di pusat perbelanjaan Festival Citylink selama dua hari ini, 2-3 November 2022. Beberapa jam sebelum acara dibuka, antrean pelamar sudah panjang mengular. Panitia mencatat, secara keseluruhan ada lebih 13.600 pelamar yang sudah mengonfirmasi kehadiran lewat pendafataran daring.

Panitia memprediksi pelamar masih akan bertambah. Pasalnya, pendaftaran masih dibuka hingga hari kedua. Panitia juga tetap melayani mereka yang datang secara langsung meski tidak daftar secara online terlebih dahulu.

Diketahui, ratusan ribu pelamar itu harus bersaing untuk 4.000 lowongan kerja (loker) yang disediakan oleh 42 perusahaan. Informasi dari panitia, pelamar tidak hanya berasal dari Bandung Raya juga datang dari daerah lain semisal Cikarang, Garut, Tasikmalaya, Karawang, Sumedang, hingga Subang.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, yang datang membuka acara, berharap bursa kerja tersebut bisa turut membantu pemulihan ekonomi Kota Bandung pasca-pandemi. "Ini ikhtiar kita mempercepat pemulihan ekonomi juga. Semoga menambah pemerataan ekonomi di Kota Bandung," katanya.

Selama pandemi, Yana Mulyana menyampaikan bahwa angka pengangguran di Kota Bandung meningkat sekitar 11,46 persen atau menjadi 153.000 orang. Sebab itu, bursa kerja diharapkan bisa turut menekan jumlah pengangguran."Semoga bisa menyerap tenaga kerja yang punya kompetensi," katanya.

Job Fair 2022 Kota Bandung ini pun terbuka untuk disabilitas di antaranya daksa ringan, tuna rungu, serta tuna wicara. Pada hari pertama, merujuk catatan panitia, sudah sekitar 20-30 pelamar disabilitas yang hadir dengan rentang usia di bawah 30 tahun.Perihal kuota untuk disabilitas, kata Yana, itu diserahkan pada perusahaan penyedia.

"Saya pikir perusahaan masih cukup banyak mempekerjakan temen disabilitas, ya. Kalau regulasi mah kan memang ada kewajiban, semoga bisa memenuhi kuotanya," aku Yana.

Sekadar pengingat, untuk jadwal hari pertama pada Rabu, 2 November 2022, Job Fair dibuka sejak pukul 09.00-17.00 WIB. Sedangkan pada Kamis, 3 November 2022 Job Fair dibuka dari pukul 10.00-17.00 WIB.Beberapa perusahaan yang ikut terlibat dalam Job Fair tahun ini di antaranya Sinarmas, Nabati, Adira, Bank Mega, Sosro, Circle K, J&T, Agung Podomoro Land, Biznet, Torch, Oppo, Alfamart, Indomarco, dan lainnya.

Job Fair tahun ini merupakan job fair pertama secara luring setelah dua tahun diadakan lewat daring melalui aplikasi New Bimma Beragam pekerjaan bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan passion masing-masing dalam aplikasi tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung, Andri Darusman menyampaikan, ditargetkan sebanyak 50 persen para pelamar bisa diterima oleh perusahaan."Paling banyak membuka loker berasal dari sektor ritel, seperti Alfamart, Indomarco, dan toko lainnya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.