Sukses

Asal Usul Helaran Tari Cepet: Dibawa dari Jawa Tengah, Berkembang di Sukabumi

Tari Cepet adalah tarian yang berkembang di Sukabumi yang pada awalnya digunakan sebagai bagian dari upacara ritual Ngabungbang.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki keanekaragaman seni dan budaya. Bahkan, seni yang berkembang di suatu daerah pun justru berakar dari budaya daerah lain.

Salah satunya adalah seni helaran Tari Cepet di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Tari Cepet adalah tarian yang berkembang di Sukabumi yang pada awalnya digunakan sebagai bagian dari upacara ritual Ngabungbang pada masyarakat di Kampung Waluran, Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Berawal dari sekelompok masyarakat berjumlah sekitar 200 orang yang berasal dari Jawa Tengah pada 1935 yang dibawa lalu dibuang oleh Penjajah Belanda ke daerah hutan di Kabupaten Sukabumi.

Kondisi hutan yang masih dihuni banyak binatang buas dan makhluk halus membuat masyarakat tidak nyaman untuk menjadi tempat tinggal. Upaya ritual kemudian dilakukan, yaitu dengan mengadakan upacara Ngabungbang.

Dalam upacara tersebut  dibutuhkan 12 penari laki-laki yang mengenakan cepet atau topeng. Waditra yang digunakan untuk mengiringi tari hanya berupa iringan bunyi kentongan bambu.

Sementara, ilustrasi tarian diselaraskan dengan motif topeng yang menggambarkan karakter makhluk halus dan binatang buas seperti kera, harimau, dan gajah.

Dilansir dari laman Kebudayaan Kemdikbud, gerak tari ini bersifat kreasi dan disesuaikan dengan bentuk serta karakter topeng yang dipakainya. Ada beberapa unsur gerak dalam Tari Cepet yang mengarahkan penari sehingga mengalami trans atau kesurupan.

Hal ini sesuai dengan fungsi Tari Cepet pada waktu itu yang memang sengaja dilaksanakan untuk mengusir binatang buas dan mahluk halus.

Ngabungbang merupakan satu bentuk ritual yang dilakukan di beberapa wilayah dalam Provinsi Jawa Barat. Namun demikian, pada sesi pertunjukan seni dalam ritual Ngabungbang ditemukan banyak ditemukan perbedaan.

Salah satu contoh adalah di Kota Banjar melalui tradisi Ngabungbang Batulawang. Pada ritual tersebut, sesi seni diisi dengan seni ronggeng amen dan kesenian kuda lumping.

Dua kesenian tersebut selain menjadi bagian dari ritual Ngabungbang, dapat juga berdiri sendiri sebagai sebuah seni pertunjukan. Begitu pula halnya dengan Tari Cepet Sukabumi yang masuk dalam genre kesenian dalam perkembangannya kemudian memisahkan diri dan tidak mengikatkan diri sebagai bagian dari seni pertunjukkan tari khusus untuk ritual Ngabungbang.

2 dari 3 halaman

Berubah Fungsi

Pertunjukan Tari Cepet dalam ritual Ngabungbang tidak berhenti setelah lokasi hutan tersebut telah menjadi pemukiman yang saat ini bernama Kampung Waluran, Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Fungsi yang tadinya hanya sebagai ritual membuka lahan pemukiman kemudian bertambah pada aktivitas pembukaan lahan pertanian, perkebunan, dan tempat usaha. Oleh karena itu, jumlah permintaan pertunjukan Tari Cepet dalam ritual Ngabungbang kian bertambah.

Berdasarkan hal tersebut, pada 1974, dua warga Kampung Waluran benama Saman dan Nawi, mendirikan sanggar seni Tari Cepet bernama Sanggar Purwajati. Jumlah waditra Tari Cepet di Sanggar Purwajati, selain kentongan bambu, ditambahkan saron, kendang, dan goong.

Tari Cepet yang masuk dalam genre kesenian dalam perkembangannya kemudian memisahkan diri dan tidak mengikatkan diri sebagai pertunjukkan tari khusus untuk ritual Ngabungbang. Kemandirian ini ditunjukkan dengan bertambahnya fungsi Tari Cepet pada unsur hiburan dalam acara hajatan (khitanan dan pernikahan) dan peringatan hari besar nasional.

Penambahan fungsi tersebut disertakan dengan perubahan pada waditra, lagu, lokasi, dan busana. Namun demikian, unsur utama dalam Tari Cepet, yaitu enam lagu wajib dan tarian trans tetap ada karena dari unsur utama tersebut menimbulkan daya tarik tersendiri bagi penonton.

Waditra Tari Cepet yang pada awalnya hanya berupa kentongan kemudian ditambahkan seperangkat gamelan Sunda berlaras salendro, terdiri dari saron I, saron II, bonang, kendang, dan goong. Waditra tersebut digunakan untuk mengiringi terutama untuk lagu inti yang menggunakan bahasa Jawa (lagu wajib Tari Cepet) diantaranya berjudul ricik-ricik, dawet ayu, jaran kepang, bendrong, siji limo, dan renggong manis.

3 dari 3 halaman

Busana

Soal busana, Tari Cepet terdiri dari busana nayaga dan penari. Nayaga Tari Cepet adalah laki-laki yang mengenakan busana Sunda terdiri dari acuk kampret (baju kampret), calana sontog (celana cingkrang), dan totopong (ikat kepala Sunda).

Penari Tari Cepet berjumlah 12 orang atau lebih dilengkapi 1 orang pawang. Sedangkan, busana pawang adalah sama dengan busana yang dikenakan nayaga.

Penari Cepet mengenakan baju lengan panjang dan celana lengan panjang. Sehelai kain dan selendang dililitkan di bagian pinggang. Di bagian kepala ditutupi topeng motif binatang dan sanekala (mahluk halus).

Tari Cepet biasa dipergelarkan di lahan terbuka seperti lapangan atau area persawahan selesai panen yang berlangsung sekitar 2-3 jam. Durasi pertunjukan diawali dengan iringan gamelan yang bertujuan menarik perhatian masyarakat untuk datang dan menyaksikan pagelaran.

Selanjutnya adalah lagu pembuka berjudul gending bendrong. Iringan gamelan divariasikan dengan juru vokal untuk mengilustrasikan suara binatang dan mahluk halus.

Suara dan iringan gamelan kemudian dihentikan dan dilanjutkan bunyi gending pertanda penari Cepet memasuki arena. Pertunjukan pun kemudian dimulai. 

Iringan musik disertai ilustrasi suara binatang dan makhluk halus dipadukan dengan gerak tari kreasi dan spontan dari para penari Cepet. Efek kesurupan para penari cepet tidak dilakukan secara bersamaan karena bergantung dari lagu favorit masing-masing penari.

Oleh karena itu, ada penari yang langsung kesurupan sejak lagu pertama, tengah, atau akhir pertunjukan. Saat trans, para penari memakan sesaji yang telah disediakan seperti kemenyan, minyak duyung, minyak japaro, rujak kelapa hijau, bako anting, bunga, air bunga, air teh, rujak bunga kemangi, kopi hitam, rujak asem, padi, dan daun dadap.

Beranjak dari perjalanan Cepet sebagai salah satu tari tradisional yang masih bertahan, atraksi trans yang menjadi ciri utama Tari Cepet menghasilkan satu identitas budaya yang sudah dikenal oleh masyarakat terutama di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. 

Sisi hiburan yang menjadi daya tarik masyarakat untuk datang dan melihat pertunjukkan Tari Cepet setidaknya dapat memberikan nilai ekonomi sekaligus melestarikan salah satu aset budaya yang ada di Kabupaten Sukabumi.