Sukses

Singgung Kemanusiaan, Surat Al-Hujurat Ayat 13 Dilantunkan di Pembukaan Piala Dunia 2022

Ghanim melantunkan potongan ayat suci Al-Qur'an, yakni Surat Al-Hujurat ayat 13.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, berlangsung megah dan meriah. Acara yang dimulai pada 21.40 WIB ini diawali dengan pemutaran video resmi Piala Dunia 2022 dan dilanjutkan dengan berbagai hiburan nyanyian dan tarian teatrikal bernuansa Arab.

Aktor asal Amerika Serikat, Morgan Freeman, hadir sebagai narator bersama Brand Ambassador Piala Dunia 2022 Qatar, Ghanim Al Muftah. Mereka saling berkisah tentang kemanusiaan dan persatuan.

Perihal kemanusiaan, Morgan Freeman mengatakan sepak bola menyatukan bangsa. Ghanim pun lantas melantunkan potongan ayat suci Al Quran, yakni Surat Al-Hujurat ayat 13.

Ayat tersebut berbunyi:"Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja'alnākum syu'uubaw wa qabā`ila lita'ārafuu".

Artinya:"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal."

Mengutip dari 'Konsep Pendidikan Multikultural Kajian Tematik Tafsir Surah Al-Hujurat Ayat 13' oleh Ahmad Faruq, ayat ini bukan hanya panggilan yang ditujukan kepada orang-orang beriman, melainkan untuk seluruh manusia. Bisa diartikan bahwa ayat ini mengurai tentang prinsip dasar hubungan manusia.

Ayat ini menegaskan tentang kesatuan asal-usul manusia dengan menunjukkan kesamaan derajat, terlepas dari bangsa, suku, dan warna kulit. Melalui ayat ini pula, para manusia dianjurkan untuk saling mengenal untuk membuka peluang saling memberi manfaat satu sama lain.

Selanjutnya, pembukaan Piala Dunia 2022 yang dihadiri Presiden FIFA Gianni Infantino itu juga menampilkan lagu-lagu opening ceremony sejak Piala Dunia 1998 hingga 2022, berjudul Hayya Hayya. Sebelum lagu Hayya Hayya dimainkan, personel BTS Jeon Jungkook tampil menyanyikan single terbaru sebagai lagu tema Piala Dunia 2022 Qatar berjudul Dreamers.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini: