Sukses

Ribuan Pencari Kerja Merajut Asa dalam Sukoharjo Job Fair 2022

Sukoharjo Job Fair 2022 digelar dua hari tanggal 22-23 November 2022, hal itu dimaksudkan menekan angka pengangguran di Kabupaten penghasil jamu itu yang mencapai sekitar 16 ribu orang lebih.

Liputan6.com, Sukoharjo Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Sukoharjo, Agustinus Setyono mengatakan pihaknya tengah menggelar acara Sukoharjo Job Fair 2022 selama dua hari tanggal 22-23 November 2022 di kantor BLK, Kabupaten Sukoharjo.

Dirinya menyebut ada sekitar 300-an lowongan dari 30 perusahaan menawarkan kepada masyarakat di Kabupaten Sukoharjo yang akan mencari pekerjaan. Antusiasme masyarakat dalam job fair 2022 itu tampak dengan banyaknya para pelamar yang datang di pameran tersebut.

"Harapan kita kegiatan hari ini bisa dilihat dan bisa terisi semua. Kita buka dua hari, mulai jam 9 pagi sampe jam 3 sore, silahkan ke BLK dinas pendidikan tenaga kerja Kabupaten Sukoharjo," kepada media di lokasi, Selasa (22/11/2022).

Agus menjelaskan jenis lowongan yang ditawarkan dalam ajang Sukoharjo Job Fair 2022 itu yakni berbagai tawaran yang bisa menjadi pilihan para pelamar dari masyarakat di Kabupaten Sukoharjo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antusiasme Tinggi Para Pelamar Kerja

"Ada perusahaan tekstil, mobil, produksi, admisnistrasi dan banyak lainnya. Antusias warga yang mencari kerja tinggi, dari pagi tadi sudah sekitar 1.000-an pelamar datang," ujar dia.

Sementara itu, saat disinggung jumlah pengangguran di wilayah Kabupaten Sukoharjo, Agus menyebut wilayahnya menjadi salah satu dari tiga wilayah dengan angka pengangguran paling sedikit. 

"Penggangguran di Sukoharjo dengan presentase 3,32 persen. Kalau nilai orangnya 16 ribu dari data statistik dari angka itu kita bisa menekan jumlah pengangguran. Dari 3.000 lowongan tadi bisa masuk semua bisa mengurangi pengangguran di kabupaten Sukoharjo," ucapnya.

Sementara itu, Ika pelamar yang datang ke Sukoharjo Job Fair 2022 itu menyebut, dengan adanya kegiatan itu ia terbantu dengan pilihan lowongan kerja yang lebih banyak.

"Sangat terbantu dengan adanya job fair ini, lowongan kerjanya lebih banyak. Hari ini saya masukkan dua lamaran ke dua perusahaan, ini saya datang agak siang karena pagi tadi lumayan banyak antreannya," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.