Sukses

Cara Mudah Hilangkan Strechmark dengan Bahan Alami

Strechmark yang muncul dalam tubuh seseorang kerap mengganggu walaupun kondisi tersebut dianggap normal

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan stretch mark atau gurat peregangan pada tubuh kerap membuat seseorang merasa malu. 

Diketahui, stretch mark adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh yang banyak mengandung lemak. Seperti di payudara, perut atas, lengan atas, paha, dan bokong. 

Guratan lemak mulanya berwarna merah, merah muda dan ungu. Kemudian lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu.

Stretch mark yang muncul dalam tubuh seseorang kerap mengganggu walaupun kondisi tersebut dianggap normal. Namun, strechmark dapat dihilangkan dengan mudah bahkan menggunakan bahan alami.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mudah menghilangkan strechmark dengan bahan alami:

Minyak Kelapa

Cara alami menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah memanfaatkan minyak kelapa. Anda bisa memijat stretch mark sehabis mandi menggunakan minyak kelapa.

Selain dapat diserap dengan cepat oleh kulit dan mengeliminasi sel kulit mati, minyak kelapa juga mengandung vitamin E dan asam lemak yang baik untuk kulit.

Minyak Zaitun

Cara alami untuk menghilangkan stretch mark berikutnya dapat dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun. Sama seperti minyak kelapa, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, antioksidan, dan komponen lain yang dapat membantu proses penghilangan stretch mark.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki bagian dalam yang bersifat menenangkan dan menyembuhkan. Bagian dalam tersebut mengandung enzim, mineral, vitamin, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan.

Anda bisa memotong lidah buaya, lalu pisahkan bagian dalam yang berbentuk seperti gel. Setelahnya, oleskan gel tersebut ke area stretch mark, lalu lakukan pijatan secara perlahan. Diamkan selama beberapa saat agar gel lidah buaya yang tadi dioleskan terserap sempurna.

Teh Hitam

Anda bisa merebus beberapa sendok teh hitam ke dalam air dan melarutkan sedikit garam di dalamnya, air rebusan teh hitam ini dapat dioleskan pada bagian stretch mark setelah dingin. 

Menggunakan teh hitam sebagai obat alami stretch mark harus dilakukan secara rutin agar benar-benar hilang. Teh ini mungkin memiliki sedikit bukti ilmiah tetapi teh hitam kini digunakan oleh banyak orang.

Putih Telur

Telur dapat menghilangkan stretch mark. Anda dapat memisahkan kuning telur dari putih telur dan gunakan bagian putihnya untuk dapat dioleskan langsung ke bagian stretch mark.

Kentang

Ekstrak kentang merupakan bahan alami yang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah salah manfaat dari ekstrak kentang yaitu mampu menyamarkan dan menghilangkan stretch mark. 

Hal tersebut dikarenakan ekstrak kentang mengandung enzim yang berperan untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit, sehingga stretch mark bisa sedikit berkurang. 

Lemon

Belah 1 buah lemon yang masih segar kemudian oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata.

Lalu, diamkan sampai mengering dan meresap sekitar 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

itulah bahan-bahan alami yang dapat mengurangi dan dapat menghilangkan Stretch Mark pada tubuh kita.