Sukses

3 Gending yang Mengiringi Prosesi Sakral Panggih Pengantin Kaesang dan Erina

Ada tiga gending yang akan mengiringi jalannya prosesi adat panggih pengantin yang dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Liputan6.com, Yogyakarta - Rangkaian prosesi panggih pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan diiringi gending yang sakral. Gending yang digunakan mengacu pada pakem pranatan dan lampah-lampahan upacara pernikahan putra-putri Keraton Yogyakarta.

Ada tiga gending yang akan mengiringi jalannya prosesi adat panggih pengantin yang dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Ketiga gending tersebut antara lain bindri, ladrang pengantin, dan boyong.

Ketiga gending itu dimainkan Gamelan Kiai Yasa Arum dengan Laras Slendro yang merupakan koleksi milik Pesanggrahan Kedhaton Ambarrukmo. Dikutip dari laman resmi Royal Ambarrukmo Kiai Yasa Arum, memiliki arti 'Menciptakan atau membuat yang baik, agar menjadi baik'.

Sementara Yasa bermakna 'membuat atau menciptakan'. Sedangkan Arum bermakna baik dan harum.

Keberadaan Gamelan Kiai Yasa Arum secara harafiah adalah sebagai sarana agar keharuman dan kebaikan Kebudayaan Jawa. Agar tetap melekat dan diingat serta senantiasa menebarkan energi, baik melalui bunyi suara Gamelan.

Kiai Yasa Arum merupakan Gamelan dengan Laras Slendro, memiliki warna dominan hijau tua. Sesuai dengan identitas corak Pesanggrahan Kedhaton Ambarrukmo dan kombinasi antara warna emas dan merah.

Hal ini mencerminkan sifat dan sikap yaitu ngetutke babon atau mengikuti induk, sebagai norma agar selalu menghormati yang lebih tua. Bukan cuma warna, motif ornamen pada gamelan mengadopsi motif ukiran yang sama dengan Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, seperti motif 'Putri Mirong, Tlacapan, Wajikan, Praba' dan lain-lain.

Tari golek ayun-ayun atau beksan sekar puji astuti mengakhiri prosesi panggih pengantin pernikahan Kaesang dan Erina sebagai suguhan untuk para tamu undangan. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi menikah usai ijab kabul pada Sabtu (10/12/2022) pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan upacara panggih pengantin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.