Sukses

Belajar dari Keikhlasan Aiptu Mustakim, 'Rangkap Kerja' Jadi Guru Ngaji di TPQ Dumai

Personel Bhabinkamtibmas Polres Kota Dumai tidak hanya menjalankan tugas sebagai anggota polisi tapi juga mengajar ngaji di TPQ.

Liputan6.com, Pekanbaru - Proses belajar mengajar di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Zaidatul Mukaromah, Kelurahan Pangkalan Sesuai, Kota Dumai, agak berbeda dengan lainnya. Bukan soal metode pembelajaran melainkan tenaga pengajarnya. 

Tidak hanya dari guru agama, salah satu pengajar di sana adalah personel Polres Kota Dumai. Dia bernama Mustakim, berpangkat Ajun Inspektur Satu, yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Di tengah kesibukannya menjalankan tugas pokok sebagai anggota Polri, Aiptu Mustakim selalu mengisi hari-harinya mengajarkan murid di TPQ tersebut agar melek huruf hijaiyah. 

Polisi mengajar ngaji dilakukannya agar anak-anak bisa mengaji sejak dini dan masyarakat merasakan kehadiran polisi dalam pendidikan usia dini. 

Para murid juga bersemangat ketika Mustakim menjadi pengajarnya. Para murid mudah mengerti karena Mustakim mengajar dengan ceria. 

"Apa yang saya lakukan merupakan bagian dari mencerdaskan generasi penerus," ucap Mustakim kepada wartawan. 

Ketua Yayasan TPQ Zaidatul Mukaromah, Hj Sulastri berterima kasih kepada Mustakim karena mau menjadi pengajar di sekolah tersebut. Apalagi, hal itu dilakukan secara suka rela. 

"Terima kasih kepada Aiptu Mustakim yang telah memberikan pengajaran dan ilmu yang bermanfaat kepada anak didik kami di TPQ Zaidatul Mukaromah," sebut Sulastri. 

Hal serupa juga diutarakan oleh Lurah Pangkalan Sesai, Musdalena. Dia berharap dedikasi Mustakim sebagai ladang amal dan pahala.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Kapolda

Apa yang dilakukan Mustakim selama ini mendapat apresiasi dari Kapolda Riau Irjen Mohamad Iqbal. Secara langsung, Iqbal memberi kejutan dengan mendatangi TPQ tersebut saat Mustakim tengah mengajar, Senin siang, 12 Desember 2022. 

Iqbal menyatakan Mustakim punya dedikasi luar biasa sebagai personel Polri. Iqbal bangga karena melihat langsung Mustakim mengajar dalam kelas berbagi ilmu dengan generasi penerus bangsa.

Melihat kehadiran Iqbal, Mustakim kaget sekaligus senang. Dia tak menyangka Iqbal ditemani oleh Gubernur Riau Syamsuar langsung datang ke tempatnya mengajar. 

Kepada Mustakim, Syamsuar memberikan cendera mata berupa kain sarung dan uang santunan. Syamsuar juga memberikan bantuan uang untuk pembuatan seragam peserta didik, para guru, dan pengurus TPQ Zaidatul Mukaromah. 

Sementara, Iqbal memberikan dan uang santunan. Pemberian ini sebagai apresiasi atas dedikasi membantu proses belajar mengajar di TPQ Zaidatul Mukaromah. 

Aiptu Mustakim menyebut perhatian Kapolda dan Gubernur sebagai pendorong semangat kepada dirinya untuk bisa mengabdikan dan mendedikasikan diri untuk masyarakat Kota Dumai, khususnya Kelurahan Pangkalan Sesai. 

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas apresiasi dan cendera mata dari Kapolda serta Gubernur Riau," ucap Mustakim didampingi Kapolres Kota Dumai AKBP Nurhadi Ismanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.