Sukses

Bosan ke Bandung atau Yogya? Coba Liburan ke Rembang Aja!

Liburan tidak melulu ke Bandung dengan Braga-nya dan Yogyakarta dengan Mailoboro-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan tidak melulu ke Bandung dengan Braga-nya, Yogyakarta dengan Mailoboro-nya, atau Bali dengan Pantai Kuta-nya. Karena sesungguhnya Pulau Jawa masih memiliki banyak destinasi seru di beberapa kota yang jarang menjadi destinasi liburan.

Masih banyak hidden gems yang bisa kita gali di kota-kota kecil, salah satunya di Rembang, Jawa Tengah. 

Kabupaten Rembang dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir Raden Ajeng Kartini. Nah, barangkali kita mau mengunjungi kota pejuang emansipasi wanita  tersebut, yuk kita pergi ke beberapa tempat di bawah ini:

1. Pulau Gede

Pulau Gede sering dikunjungi wisatawan sebagai tujuan wisata pantai di Desa Wates. Namun, Pulau Gede ini masih belum banyak orang yang mengetahuinya karena wisatawan harus menaiki kapal nelayan. Perjalanannya membutuhkan waktu setengah jam sampai ke Pulau Gede.

Pulau Gede ini memiliki luas sekitar 1 km persegi  saja yang hampir semua pulaunya dikelilingi pasir putih. Karena pulau ini jauh dari daratan dan terletak di tengah laut, pulau ini tidak berpenghuni.  Jadi jika kamu ingin bermalam, kamu harus menyiapkan tenda sehingga kamu bisa melihat sunrise dan sunset yang sangat indah. Tempat ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan ketenangan dan kesunyian dari hiruk pikuk kota. 

2. Pantai Dampo Awang

Pantai Dampo Awang memiliki lokasi yang strategis dari pusat, sehingga sangat mudah bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Tempat ini sangat cocok bagi kalian untuk berkumpul dengan keluarga ataupun teman.

Pantai Dampo Awang yang disebut juga sebagai Pantai Kartini memiliki beragam atraksi seperti kebun Binatang Mini,  dan Banana Boat. Di sana juga tersedia kios oleh-oleh,  jangkar Dampo Awang, dan anjungan tepi laut untuk berfoto. 

3. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe memiliki ciri khas garis pantai yang luas dan pepohonan rimbun di pesisir pantai. Pepohonan rimbun itulah menjadi primadona bagi para wisatawan. Walaupun banyak wisatawan yang berkunjung ke Karang Jahe, tempat ini terjamin kebersihan dan keindahannya.

Buat kalian yang ingin berkunjung harus menjaga kebersihan dengan tidak memproduksi sampah, membuang sampah, atau tidak bertanggung jawab dengan sampah yang dibawa dari luar agar tidak mengotori pantai tersebut.

4. Pantai Caruban

Pantai Caruban adalah salah satu pantai yang lokasinya berada di Kecamatan Lasem. Pantai ini memiliki daya tarik pasir putih, dekat dengan Pantai Indah Layur, dan tersedia wisata kuliner seafood yang langsung menghadap ke pantai.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menyewa ATV untuk berkeliling ke pantai dan sekitarnya.

5. Wisata Air Kartini Mantingan

Buat kalian yang memiliki anak ataupun adik, tempat ini sangat cocok untuk bersenang-senang dengan anak kecil alias kids friendly. Tempat ini merupakan wisata air buatan yang  berada di dekat makam R.A Kartini.  Jadi kalian juga bisa berwisata ke Makam R.A. Kartini walaupun sekedar untuk melihat-lihat saja. 

Mengutip laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Wisata Air Kartini Mantingan berlokasi sekitar 22 km dari Kota Rembang arah selatan. Kawasan yang merupakan area hutan jati ini juga cocok menjadi tempat berkemah karena dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Mantingan. Fasilitasnya cukup lengkap seperti gedung serbaguna, mini zoo, lapangan tenis, dan lainnya.

Penulis: Fathia Uqimul Haq 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.