Sukses

8 Rekomendasi Makanan di Kawasan Suryakencana Bogor, Surganya Para Pencinta Kuliner

Berikut rekomendasi kuliner Bogor di Kawasan Suryakencana yang wajib dicoba.

Liputan6.com, Bogor - Kawasan Suryakencana merupakan salah satu tempat kulineran yang wajib dikunjungi saat ke Bogor. Ada beragam kuliner khas dan legendaris di sepanjang kawasan ini.

Suryakencana Bogor menjadi "surga" bagi para pecinta kuliner lezat nan enak.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kuliner Bogor di Kawasan Suryakencana yang wajib dicoba.

1. Lumpia Basah Gang Aut

Lumpia basah Gang Aut berada tepat di Jalan Suryakencana Nomor 307. Lumpian ini merupakan salah satu pelopor lumpia basah yang sudah berjualan sejak 1972.

Lumpia basah khas Bogor ini berbeda dengan lumpia semarang yang berisi rebung. Lumpia bogor menggunakan cacahan bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, dan telur sebagai isiannya.

Dalam penyajiannya, lumpia bogor tidak digulung dan digoreng, hanya disajikan di atas adonan kulitnya saja. Lumpia basah ini dijual dengan harga Rp15.000.

2. Laksa Gang Aut

Laksa Gang Aut yang legendaris dan selalu menjadi sasaran kuliner oleh wisatawan. Kedai laksa ini sudah dikelola oleh tiga generasi.

Laksa di kedai ini disajikan dengan cara yang tak biasa. Potongan ketupat dicampur dengan bihun, tauge, potongan oncom, tahu, dan telur yang kemudian disiram dengan kuah kental berwarna kuning yang kaya rempah.

Seporsi laksa dibanderol mulai dari Rp 15.000 per porsi.

3. Martabak Encek

Para penggemar martabak tidak boleh lupa mencicipi martabak Encek di Suryakencana. Martabak ini sudah berjualan dari tahun 1975.

Kuliner legendaris Kawasan Suryakencana Bogor ini tetap ramai diburu pelanggannya hingga saat ini. Berbeda dengan martabak kekinian yang memiliki banyak rasa, martabak Encek memang hanya menyediakan martabak cokelat, kacang, dan keju.

Namun, masalah rasa, martabak kekinian pasti kalah dengan rasa martabak legendaris satu ini. Hebatnya lagi, tekstur maupun rasa martabak Encek ini masih tetap enak dan lembut ketika dimakan keesokan harinya.

Harga satu loyang martabak sekitar Rp40.000 sampai Rp60.000, tergantung dari isiannya. Lokasinya tepatnya berada di Jalan Suryakencana Nomor 289.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cungkring Pak Jumat

4. Cungkring Pak Jumat

Cungkring adalah satai yang terbuat dari potongan dampal (telapak kaki) sapi, urat, kikil, dan cingur yang kemudian diberi bumbu. Di Bogor, jajanan ini sudah mulai langka.

Salah satu cungkring yang masih bertahan dan menjadi legenda berada di Kawasan Suryakencana Bogor, yakni cungkring Pak Jumat. Berjualan sejak 1975, cungkring Pak Jum'at ini sekarang dijalankan oleh generasi ketiganya.

Meski begitu, rasa cungkring ala Pak Jumat tidak pernah berubah sama sekali. Cungkring akan dibumbui dengan bumbu kuning lalu dipanggang hingga matang.

Di gerai cungkring Pak Jumat, wisatawan dapat menikmati cungkring dengan harga Rp17.000 saja.

5. Asinan Jagung Bakar Pak Subur

Asinan Jagung Bakar Pak Subur menjadi spot kuliner legendaris yang tak kalah menarik untuk dicoba di Kawasan Suryakencana Bogor. Kedai asinan ini sudah ada sejak 1968.

Berbeda dengan asinan Bogor biasanya, asinan jagung serutan jagung dan potongan timun yang disiram dengan kuah asinan berwarna oranye. Rasanya tidak kalah segar daripada asinan sayur dan asinan buah biasa.

Wisatawan cukup merogoh saku sebesar Rp12.000 sampai Rp15.000 saja untuk dapat menikmatinya.

6. Combro Atmajaya

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Bogor tanpa mencoba combro. Combro adalah camilan khas Bogor yang berupa singkong yang diparut lalu diberi isian oncom yang sudah dimasak dengan bumbu pedas.

Salah satu combro terkenal nan legendaris juga berada di Kawasan Surya Kencana Bogor, yakni combro atmajaya. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 5.000, wisatawan sudah bisa menikmati combro hangat yang renyah dan gurih.

7. Sate Sumsum Pak OO

Sate Sumsum Pak OO juga menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan di Kawasan Suryakencana Bogor. Kedai satai ini telah buka sejak 1965.

Sesuai namanya, Sate Sumsum Pak OO ini berisikan sumsum sapi dan juga jeroan. Biasanya dalam satu porsi, wisatawan akan mendapatkan lima tusuk sate sumsum dan lima tusuk sate ginjal.

Cita rasa satai yang unik dipadukan dengan bumbu kacang yang gurih.

8. Ngo Hiang Gang Aut

Kawasan Suryakencana Bogor merupakan kawasan Chinatown atau Pecinannya Bogor. Tak heran wisatawan dapat menemukan beragam camilan khas Chinese yang sudah berusia puluhan tahun di sini, salah satunya ialah Ngo Hiang Gang Aut.

Sekilas, Ngo Hiang ini mirip dengan batagor. Adonan ngo hiang digoreng lalu dipotong kecil-kecil, disiram dengan saus kental dan acar.

Bedanya, Ngo Hiang terbuat dari cacahan daging babi. Seporsi Ngo Hiang di Gang Aut dibanderol mualai dari Rp45.000 sampai Rp77.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.