Sukses

Dari Kota Pelajar hingga Kota Seniman, Ini Arti 4 Julukan Kota Yogyakarta

Selain disebut sebagai Kota Istimewa, berikut sederet julukan Kota Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi salah satu wilayah Indonesia yang populer dengan beragam keistimewaannya. Predikat istimewa yang diberikan kepada Yogyakarta bermula pada masa pendudukan Pemerintah Belanda.

Saat itu, Yogyakarta memainkan peran penting dalam memperjuangkan Indonesia. Selain disebut sebagai Kota Istimewa, berikut sederet julukan Kota Yogyakarta.

1. Kota Pelajar

Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar. Julukan tersebut diberikan karena banyak pusat pendidikan yang berdiri di wilayah ini.

Hal tersebut membuat banyak pelajar tertarik untuk menuntut ilmu di Yogyakarta. Salah satu pusat pendidikan yang ada di Yogyakarta adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Budaya pada awal pendiriannya.

Selain itu, arti julukan Kota Yogyakarta sebagai Kota Pelajar juga tampak pada simbol fisik dan sosial Yogyakarta. Fasilitas pendidikan di Yogyakarta pun dinilai cukup lengkap.

2. Kota Gudeg

Yogyakarta dikenal memiliki berbagai macam kuliner khas, salah satunya gudeg. Gudeg merupakan olahan makanan berbahan dasar nangka muda yang dimasak bersama santan.

Saat berkunjung ke Yogyakarta, gudeg menjadi salah satu menu yang wajib dicoba. Karena hal tersebut, Yogyakarta pun akhirnya juga dijuluki sebagai Kota Gudeg.

3. Kota Wisata

Tak perlu diragukan lagi jika Yogyakarta menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi saat musim liburan. Bahkan, kota ini juga banyak diminati saat hari-hari biasa.

Pasalnya, di kota ini terdapat banyak pilihan tempat wisata yang dapat dikunjungi. Kamu bisa menikmati berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata seni, wisata edukasi, dan lainnya.

4. Kota Seniman

Seni dan Yogyakarta merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Berbagai pertunjukkan seni rutin digelar di sini. Selain itu, kota ini juga sering melahirkan seniman besar Indonesia, sebut saja Nyi Tjondrolukito, Bagong Kussudiardja, Hendra Cipta, Linus Suryadi AG, Butet Kertaradjasa, Djaduk Ferianto, Garin Nugroho, Pongki Barata, Sheila on 7, Letto, Kunto Aji, dan lainnya.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.