Sukses

Kerang Srimping Telur Asin, Menu Olahan Seafood Unik di Cirebon Bikin Ketagihan

Srimping merupakan salah satu kerang yang bisa ditemukan pada musim tertentu bahkan sulit dicari ketika cuaca memasuki musim hujan, dan gelombang tinggi

Liputan6.com, Cirebon Ragam pilihan kuliner di Cirebon menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang. Cirebon yang berada di jalur pesisir pantai utara Jawa Barat tersebut juga dikenal dengan kuliner seafood.

Berbagai pilihan kuliner seafood atau olahan hasil laut banyak ditemukan di Cirebon. Mulai dari ikan, hingga kerang ijoan yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Bahkan, ada satu menu seafood yang unik dan tidak ditemukan di tempat lain. Yakni Kerang Srimping Telur Asin dan menu Kerang Macan ala restauran Sakura Grill and Seafood Cirebon.

Konsultan bisnis merangkap koki restauran, Piet Yusup Chandra mengatakan, dua menu tersebut menjadi andalan. Restauran yang berada di kawasan kuliner Teras Patra Cirebon tersebut memberi pengalaman berbeda bagi pecinta kuliner seafood.

"Semua menu di tempat kami tanpa micin atau msg dan kami tidak menghilangkan rasa asli dari seafood yang kami olah," ujar Piet, Minggu (15/1/2023).

Sekilas terlihat sederhana namun paduan kerang srimping bersama telur asin memberi sensasi tersendiri. Piet menyebutkan, bahan baku utama yang digunakan pada menu kerang srimping adalah telur asin.

Rasa asin dan kreami yang pada menu kerang srimping tersebut tanpa campuran micin atau msg. Piet memastikan, seafood olahannya sehat karena diolah secara profesional.

"Uniknya juga kami tidak amis, tidak pahit dan tidak mengurangi rasa asli dari kerang laut karena kami membuat agar bumbu tidak terlalu meresap ke daging kerang. Sehingga ketika disantap bisa menikmati sensasi dua rasa yang berbeda dalam satu mulut termasuk juga kerang macan bahakan ijoan," ujar dia.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerang Musiman

Diketahui, srimping merupakan salah satu kerang yang bisa ditemukan pada musim tertentu. Bahkan, kata Piet, Kerang Srimping terbilang sulit dicari oleh nelayan maupun pengolah seafood.

Dia menyebutkan, Srimping sulit dicari ketika cuaca memasuki musim hujan, angin barat dan gelombang air laut tinggi. Oleh karena itu, dia memastikan akan terus menyediakan pasokan Srimping untuk disajikan kepada pecinta kuliner seafood di Cirebon.

"Semua bahan yang kami gunakan dari lokal Cirebon saja karena daerah ini kan juga pesisir dan banyak olahan seafood jadi pasti bahan baku ada," ujar dia.

Piet mengaku optimis usaha yang dikelolanya akan diterima oleh pasar Cirebon maupun pecinta kuliner seafood. Menurutnya, dua menu andalan tersebut berbeda dengan menu lain di restauran seafood Cirebon.

Dia juga menargetkan 150 transaksi per hari setelah grand launching yang digelar pada akhir pekan lalu. Untuk harga olahan seafood mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 150 ribu.

"Di tempat kami pesan satu menu bisa nambah nasi sepuasnya," ujar Piet.

Salah seorang pengunjung asal Indramayu Wandi mengatakan, perpaduan Kerang Srimping Telur asin menghasilkan rasa yang unik ketika disantap. Dia mengaku, baru pertama kali menemukan menu seafood yang tidak ada di tempat lain.

"Rasanya unik dan khas tidak asin dan enek di mulut sampai tenggorokan. Menu ini sepertinya memang tidak ada di tempat lain," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.