Sukses

Tradisi Terima Angpau dengan Dua Tangan, Ini Maknanya

Tak lupa, seseorang juga harus mengucapkan terima kasih saat menerima angpau, layaknya menerima hadiah pada hari-hari biasa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Memberi dan menerima angpau menjadi salah satu tradisi yang wajib ada di perayaan Imlek. Ternyata, dalam memberikan dan menerima angpao merah terdapat aturan tertentu, salah satunya menerima dengan dua tangan.

Meski aturan tersebut tak mengikat, tetapi hal ini merupakan salah satu bentuk menghormati budaya Tionghoa. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan sopan santun saat menerima sesuatu dari orang lain.

Mengutip dari China Highlight, sebaiknya menerima angpau dengan dua tangan. Jika hanya menggunakan satu tangan, maka hal tersebut dianggap tidak sopan.

Tak lupa, seseorang juga harus mengucapkan terima kasih saat menerima angpau, layaknya menerima hadiah di hari-hari biasa. Adapun kalimat yang biasanya diucapkan saat menerima angpao adalah 'Gong Xi Fa Cai' yang berarti kebahagiaan dan kemakmuran.

Setelah menerima angpau, juga dianjurkan untuk tidak membuka angpao di depan orang yang memberikan. Sebaiknya, buka angpao di tempat pribadi, seperti di kamar.

Sementara itu, memberikan angpao juga memiliki tata cara tersendiri, salah satunya dengan memasukkan uang yang tidak kotor dan rusak. Umumnya, uang yang diletakkan di dalam angpao adalah uang baru.

Selain itu, pemberi angpau juga sebaiknya menghindari memasukkan koin ke dalam angpau. Tak kalah penting, hindari memberikan uang dalam jumlah berangka 4, misalnya Rp400 ribu, Rp4 juta, dan seterusnya.

Pasalnya, angka 4 dalam bahasa China terdengar seperti kematian, sehingga hal tersebut dianggap berkaitan dengan kesialan. Selain itu, pemberi angpau juga perlu menyiapkan amplop merah dengan jumlah banyak karena tradisi memberi angpau tidak hanya dilakukan pada Imlek, melainkan akan berlangsung sepanjang 16 hari setelahnya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.