Sukses

Lezat dan Banyak Penggemar, Deretan Wisata Kuliner NTT Populer di Kalangan Wisatawan

Sejumlah kuliner khas NTT dikenal lezat dan banyak digemari para wisatawan yang datang untuk menikmati makanan yang dikenal berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah salah satu destinasi favorit para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. NTT dikenal dengan keindahan dan eksotisme wisata alamnya.

Namun demikian, sejumlah destinasi wisata kuliner di NTT menjadi pilihan setelah lelah menikmati eksotisme pemandangan alam. Sejumlah kuliner khas NTT dikenal lezat dan banyak digemari para wisatawan yang datang.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kuliner NTT yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung.

Karmanci

Makanan khas dari NTT ini tergolong popular dan menjadi salah satu yang favorit, terbuat dari daging cincang yang ditumis dengan bumbu-bumbu danrempah khas NTT.

Proses masakanya, daging sapi ini direbus dengan rempah, garam, gula dan bumbu lain sebelum akhirnya ditumis. Cita rasa yang ada di makanan ini adalah asam dan manis, sangat menggugah selera.

Kolo

Kerap disebut dengan nasi bakar khas NTT, makanan ini terbuat dari beras yang dimasak dengan menggunakan batang bambu yang proses masaknya adalah dengan dibakar.

Biasanya masakan ini dihidangkan saat syukuran menyambut musim panen.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Daging Belacang

Daging belaang khas NTT ini hampir sama dengan rendang daging khas padang. Namun, keduanya memiliki resep dan cara pengolahan yang berbeda. Daging Belacang sendiri terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan bumbu lokal dehingga membuat cita rasanya lezat dan istimewa dan khas NTT.

Tumis Bunga Pepaya

Makanan ini termasuk makanan unik yang khas NTT. Bahan utama dari masakan ini adalah bunga papaya dandaun singkong. Namu, dihidangan ini ada tambahan ikan teri sebagai pelengkapnya.

Biasanya tumis bunga papaya ini dihidangkan sebagai pendamping sei sapi atau daging asap khas NTT dan ditambah dengan sambal lu’ay untuk menambah cita rasanya.

Lawar Ikan

Berbahan dasar ikan teri mentah, Lawar Ikan adalah salah satu makanan khas NTT yang cukup ikonik. Cara pengolahan dari makanan ini adalah; ikan teri yang sudah dibersihkan direndam dulu dalam campuran cuka dan jug ajeruk nipis.

Jika warna ikan sudah berubah menjadi putih susu, maka ikan sudah siap dikonsumsi. Demikianlah lima makanan khas NTT yang unik dan juga lezat yang bisa kamu coba saat liburan ke NTT.

Penulis: Nila Amalia Putri