Sukses

Awkarin Trending Bahas Nikah Beda Agama, Warganet Beri Komentar Menohok

Influencer Awkarin saat ini menjadi perbincangan heboh di antara warganet media sosial.

Liputan6.com, Bandung - Influencer Awkarin saat ini menjadi perbincangan heboh di antara warganet media sosial. Hal itu setelah ia mengunggah sebuah unggahan di Instagram yang membahas mengenai pernikahan beda agama atau beda keyakinan.

Namun, yang membuat masyarakat heboh saat ini adalah karena Awkarin berani membahas mengenai hal tersebut yang mana bukan keahliannya. Banyak warganet yang menyebutkan bahwa pernyataannya tersebut menyesatkan karena tidak ada dasar yang jelas terutama membahas mengenai sebuah agama.

Dalam unggahan yang berjudul 'Bisakah kita menjalin hubungan beda agama?' tersebut, bagi sebagian orang menganggap bahwa Awkarin mendukung adanya pernikahan beda agama. Selain itu, Awkarin juga mengatakan bahwa sudah ada banyak contoh pernikahan beda agama yang berlangsung baik-baik saja.

"Di banyak contoh pun, perkawinan campuran antara muslim dan non muslim berlangsung baik-baik saja tanpa keributan dalam rumah tangga mereka," tulisnya dikutip Senin (6/2/2023).

Adapun salah satu yang membuat warganet semakin heboh ketika Awkarin menyebutkan bahwa ada mazhab besar Islam yang mengizinkan pernikahan berbeda agama tersebut. Karena hal tersebut, banyak warganet yang meminta fakta dan pertanggungjawaban atas tulisannya tersebut.

"Padahal, juga terdapat mazhab besar Islam yang mengizinkannya dengan syarat tertentu," tulis unggahan tersebut.

Salah satu warganet pun meminta bukti atas mazhab besar yang Awkarin maksudkan karena ia berpendapat jika membawa pembahasan mazhab maka harus dituliskan dengan jelas.

"Coba tulis awkarin, mazhab besar Islam yang mengizinkan dengan syarat tertentu itu siapa? Siapa orangnya? Kalau bisa tuliskan juga kitab nya yah. Kamu kalau bawa2 mazhab harus jelas yah, jangan separoh2. Ditunggu jawabannya. Soalnya saya juga belum tau ni," tulis salah satu netizen.

"Woahh bahaya ini bawa2 mazhab tp tdk dicantumkan sama halnya? Asbu gak seeeh intinya yah mba rin kalo dalam Alquran sdh blg tidak yah tidak mau cinta sekali atau syg skali, tp klo sdh yg namanya tdk seiman mending tinggalkan. Hidup kita ini sbgai seorg Muslim hrs berdasarkan Alquran dan hadis2 Rasulullah bukan perasaan manusianya," ujar pengguna akun lainnya.

"Jangan melucu mba karin? Kamu bukan ahli Agama," cetus warganet lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditanggapi Influencer Lainnya

Salah satu Influencer TikTok, Husain Basyaiban yang dikenal sebagai konten kreator yang aktif memberikan ilmu agama di media sosialnya pun turut angkat bicara. Ia mengatakan jika apa yang Awkarin sampaikan tidak hanya mempertanyakan saja, tetapi juga memberikan penjelasannya.

“Ngomongin tentang hubungan beda agama tapi dia gak cuman mempertanyakan tapi memberikan penjelasan seakan-akan dia adalah orang yang pakar di bidangnya," kata Husain.

Hal yang ingin Husain bahas adalah bagaimana Awkarin yang tiba-tiba membahas mengenai keagamaan, namun ia tidak mempunyai kemampuan akan hal tersebut. Singkatnya, Awkarin tidak mempunyai kapasitas untuk membahas hal tersebut yang semestinya dibahas oleh ahli agama.

Pembahasan Awkarin bahkan merupakan pembahasan yang memerlukan hukum yang jelas sehingga tidak semua orang bisa membahasnya. Karena pembahasan tersebut memerlukan kajian khusus keilmuwan yang panjang.

"Kebayang ada orang yang gak belajar agama tiba-tiba ngomongin sesuatu yang harusnya itu melewati kajian khusus keilmuan yang panjang tiba-tiba ngomong ujug-ujug berapa banyak orang-orang yang tersesat gara-gara statement yang dikeluarkan," ujar Husain.

Husain juga mengatakan jika ingin bertanya boleh saja bertanya, namun tidak perlu sekaligus memberikan pendapatnya yang memang bukan bidangnya atau di luar batas kemampuannya.

"Kalau ingin nanya ya nanya tanpa harus mengeluarkan statement seakan-akan Anda itu pakar dibidangnya," kata Husain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.