Sukses

Rekomendasi Film Dokumenter tentang Musik Punk Rock, Sudah Nonton?

Musik Punk Rock sering kali dianggap sebagai sesuatu yang kurang baik, pembangkang dan buruk di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Punk tidak hanya sebuah entitas atau genre musik semata. Banyak yang mengatakan bahwa Punk juga merupakan “pedoman hidup”.

Punk tidak hanya dikenal dengan rambut Mohawknya, Punk juga bisa kamu kenali lewat media film.

Musik Punk Rock sering kali dianggap sebagai sesuatu yang kurang baik, pembangkang dan buruk di masyarakat. Punk maupun musiknya identik dengan hal-hal kasar, pesan-pesan anti otoriter dan segala macamnya. 

Banyak film dokumenter yang mengangkat seputar punk dan band-band yang menganut genre ini. Berikut adalah beberapa film dokumenter terbaik seputar Punk Rock :

End Of The Century: The Story of The Ramones (2003)

Film ini menceritakan tentang perjalanan sebuah band asal New York, Amerika Serikat bernama Ramones. Mulai dari awal karier mereka di tahun 1970-an sampai mereka bubar pad tahun 1996.

Judul dari film ini terinspirasi dari salah satu album terbaiknya yaitu; End of The Century. Katanya, band ini adalahs alah satu band yang memberikan pengaruh besar dalam musik punk rock dari pada yang lain.

Punk’s Not Dead (2007)

Film ini merupakan film tentang punk yang cukup populer dan juga sering ada dalam daftar rekomendasi film punk. Film ini menceritakan tentang bagaimana musik punk berkembang di era 2000-an.

Utamanya yang terjadi di Amerika Serikat. Susan Dyner selaku sutradara dari film ini melibatkan beberapa tokoh punk amerika. Mulai dari Craig Aaronson selaku A&R Reprise Record, sampai Billie Joel Armstrong seorang vokalis grup Green Day.

Seperti halnya judul, film ini akan membuatmu sepkat bahwa “Punk’s not Dead”.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

The Decline of The Western Civilization (1981)

Banyak yang bilang bahwa tidak ada film punk yang lebih baik dari film yang satu ini. Film yang menggambarkan susana saat musik punk terbentuk.

Film ini penuh dengan energi, kegembiraan, dan ekspresi jujur, di mana dikulik secara total ke dalam dunia musik underground Los Angeles pad atahun 1979-1980. Dalam filmnya juga ditampilkan band-band punk ikomik seperti X, Black Flag, Th e Circle Jerkks, The Alice Bag Band, Fear, dan The Germs.

The Flith and The Furry (2000)

Jika kam ingin mengetahui sejarah Punk mulai dari awal maka film ini adalah jawabannya. Film yang mengambil latar tahun 1977-1978 ini akan memeprkenalkanmu kepada seperti apa msuik punk itu terlahir.

Dari film ini kamu akan tahu apa itu punk. Baik itu sebagai genre musik, pergerakan, dan sebuah ideologi. Film ini berdurasai 60 menit yang mengupas sejarah punk dengan sejumlah band punk di masa awal awal seperti The Adverts, The Slits, Sex Pilots dan lain sebagainya.

Dengan menonton film-film tersebut kamu alan mengenal lebih dalam seperti apa itu punk. Baik sebagai sebuah genre musik atau sebagai ideologi.

Penulis : Nila Aamalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.