Sukses

Yuk, Cari Tahu Penyebab Kaki Kering dan Pecah-pecah

Kaki merupakan bagian tubuh yang sering terabaikan dan kurang mendapat perawatan yang cukup, sehingga kulit kaki mudah mengalami kekeringan.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit kaki memang bukan yang paling sensitif di antara kulit pada bagian tubuh lainnya. Namun, kulit kaki cukup rentan mengalami kering hingga pecah-pecah. Yuk, cari tahu penyebabnya.

Kaki merupakan bagian tubuh yang seringkali terabaikan dan kurang mendapat perawatan yang cukup, sehingga kulit kaki mudah mengalami kekeringan.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kulit yang kehilangan kelembapan alami dan kurang terhidrasi, terutama jika paparan cuaca dingin dan kering, atau terlalu lama terkena air, misalnya karena mandi terlalu sering atau terlalu lama di dalam air.

Selain itu, kebiasaan memakai alas kaki tertutup dan tidak bernapas, seperti sepatu dan kaos kaki yang terlalu ketat, juga dapat membuat kulit kering hingga tumit kaki pecah-pecah.

Berikut adalah beberapa penyebab kulit kaki kering hingga pecah-pecah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Penyebab Kaki Kering dan Pecah-pecah

1. Kelembaban udara rendah

Kelembaban udara yang rendah, terutama pada musim dingin, dapat membuat kulit kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

2. Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kulit kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

3. Pemakaian alas kaki yang tidak cocok

Pemakaian sepatu dan alas kaki yang terlalu ketat atau tidak nyaman dapat menyebabkan kulit kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

4. Paparan sinar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat mengurangi kelembaban alami pada kulit kaki, sehingga kulit kering dan pecah-pecah.

5. Penyakit kulit

Beberapa kondisi kulit, seperti eksim atau psoriasis, dapat membuat kulit kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

6. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit kaki juga akan mengalami penurunan produksi minyak alami dan kolagen, sehingga kulit kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

Itu dia beberapa penyebab kulit kaki mengalami kekeringan hingga membuat tumit kaki pecah-pecah. Jika kondisi ini masih terus berlangsung, kamu mungkin perlu melakukan konsultasi dengan dokter.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.