Sukses

Cihui! Di Sukoharjo Ada Puskewan, Bisa USG Hewan Peliharaan

Pusat Kesehatan Hewan (puskewan) Kabupaten Sukoharjo menjadi satu-satunya rujukan penanganan hewan di wilayah Jawa Tengah.

Liputan6.com, Sukoharjo - Pernah mendengar Pusat Kesehatan Hewan (Puskewan)? Jika selama ini yang kita ketahui klinik hewan milik swasta atau dokter-dokter hewan yang memiliki izin praktik, kini, ada Puskewan yang dimiliki oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo. Puskewan ini menjadi satu-satunya pusat rujukan penanganan hewan se-Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Bagas Windaryatno mengaku Puskewan sudah ada sejak tahun 1993 (poskeswan), tahun 2007 berganti menjadi Puskewan, dan  masuk dalam struktur organisasi Pemerintah Daerah (Pemda) berbentuk UPTD/unit pelaksana teknis dinas terkait.

"Pelaksana Puskewan adalah Dinas Pertanian dan Perikanan. Dasar hukum selain permentan tentang puskeswan, di tingkat Kabupaten diatur dalam peraturan bupati," kata Bagas kepada Liputan6.com di Sukoharjo, Senin (20/2/2023).

Bagas menambahkan, masyarakat tidak perlu risau ketika hendak melakukan pemeriksaan hewan-hewan miliknya. Mulai dari hewan peliharaan atau hewan ternak, kini memiliki fasilitas lengkap. Bahkan, ketika hewan kesayangan warga yang hendak melahirkan pun bisa diperiksa di Puskewan Sukoharjo tersebut.

"Dilengkapi foto rontgen hewan, pemeriksaan di klinik gigi, dan cek laboratorium. Pada tahun ini kita siap menjadi pusat rujukan pemeriksaan hewan dari daerah lain," tutur Bagas.

 

2 dari 2 halaman

Anggarkan Alat USG Digital Baru

Bagas menyebutkan, Puskewan Sukoharjo dilengkapi dengan pemeriksaan kesehatan hewan hingga perawatan hewan di antaranya, grooming, USG, dan juga pengobatan hewan ternak, sapi, kambing, kerbau, babi, unggas, ayam, itik, entok, dan juga burung.

"Semua hewan itu bisa mendapatkan layanan laboratorium pemeriksaan parasit dan pemeriksaan darah. USG hewan ternak dan hewan kesayangan, tindakan operasi/bedah, mulai dari sterilisasi, pemasangan kateter, operasi sectio caesaria, dan lainnya," kata dia.

Menurutnya, daerah lain khususnya di Provinsi Jateng belum memiliki alat-alat yang sudah dimiliki oleh Puskewan Kabupaten Sukoharjo. Daerah lain belum memiliki, Puskewan Sukoharjo sudah menganggarkan alat USG digital versi terbaru untuk melayani masyarakat yang hendak memeriksakan kesehatan hewan piaraan atau ternaknya.

"Tahun 2023 kita sedang mengusulkan pengadaan alat USG hewan versi digital, alat terbaru yang menghasilkan hasil lebih jelas dan bagus," ujarnya.

Sementara itu, tak hanya fasilitas penunjang pemeriksaan dan perawatan hewan kesayangan dan hewan ternak, Puskewan juga memiliki tenaga-tenaga ahli yang mumpuni bahkan menjalani pendidikan yang tak main-main.

"Tenaga ahli di Puskewan kita ikutkan pelatihan-pelatihan dan bahkan, kita sekolah mereka (time medis Puskewan) ke jenjang yang konsen di bidang ini," tutur Bagas.