Sukses

Dipilih, Dipilih, Ini 13 Kuliner Ramadan di Indonesia

Beberapa di antaranya hanya ada ketika Ramadan saja.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebentar lagi, umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Berbagai kuliner khas dari berbagai daerah pun akan menemani bulan suci Ramadan setiap tahunnya.

Kuliner khas Ramadan di berbagai daerah memang bermacam-macam. Bahkan, beberapa di antaranya hanya ada ketika Ramadan saja.

Tak heran, jika kuliner khas Ramadan ini menjadi incaran untuk menu takjil. Berikut ragam kuliner Ramadan di berbagai daerah di Indonesia:

1. Barongko 

Masyarakat Makassar memiliki hidangan khas Ramadan yang bernama barongko. Hidangan ini memiliki cita rasa manis, sehingga sangat cocok dihidangkan untuk berbuka puasa.

2. Bongko Kopyor

Bongko kopyor merupakan kuliner khas yang berasal dari Gresik, Jawa Timur. Bongko kopyor merupakan kombinasi bubur nangka dan kelapa kopyor.

3. Bubur Kampiun

Bubur kampiun merupakan makanan yang berasal dari Sumatra Barat. Makanan ini terbuat dari ketan putih yang dikukus.

Ketan tersebut kemudian dikombinasikan dengan campuran bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang atau ubi, bubur kacang hijau, dan candil. Sajian ini biasa banyak dicari saat Ramadan karena sangat cocok dijadikan takjil.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bubur Pacar Cina

4. Bubur Pacar Cina

Bubur pacar cina merupakan makanan khas Betawi yang juga sering disajikan saat Ramadan. Kombinasi santan pada makanan ini membuat bubur pacar cina memiliki cita rasa manis dan gurih. Tak jarang, ada pula yang menyantapnya dengan menambahkan es batu.

5. Kanji Rumbi

Kanji rumbi merupakan bubur yang berasal dari Aceh. Beberapa masjid di Aceh biasanya akan menyediakan kanji rumbi sebagai hidangan buka puasa.

6. Ketan Bintul

Ketan bintul merupakan salah satu makanan khas Ramadan yang berasal dari Banten. Biasanya ketan bintul disantap dengan campuran kuah semur atau empal daging sapi.

7. Kicak

Kicak merupakan sejenis gethuk. Makanan ini terbuat dari ketan yang sudah ditumbuk halus kemudian dicampur dengan santan, nangka, dan kelapa parut. Jajanan ini sangat cocok dijadikan menu takjil saat Ramadan.

 

3 dari 3 halaman

Kolak

8. Kolak

Kolak adalah kuliner khas ramadhan yang tersedia hampir di setiap penjual takjil. Minuman ini seolah tidak boleh dilewatkan dalam menu buka puasa.

Beberapa orang lebih suka menyantap kolak dalam keadaan dingin, apalagi jika dijadikan takjil saat berbuka puasa. Namun, ada juga yang lebih suka menyantapnya dalam keadaan hangat.

9. Lemang

Bagi warga Sumatra dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing dengan Lemang. Lemang merupakan salah satu makanan khas bulan Ramadan yang banyak disukai berbagai kalangan.

10. Mie Glosor

Mie glosor merupakan makanan yang berasal dari Bogor. Sajian ini terbuat dari tepung singkong. Umumnya, mie glosor disajikan bersama dengan sambal kacang.

11. Putu Mangkok

Putu mangkok merupakan sajian takjil dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Pada bagian atas kue, terdapat parutan kelapa yang membuat tampilan kue menjadi lebih cantik.

12. Sotong PangkongSotong pangkong adalah kuliner khas Ramadan yang biasa dikonsumsi masyarakat Pontianak. Makanan ini terbuat dari daging cumi-cumi yang dipanggang. 

13. Toge Panyabungan 

Toge panyabungan merupakan kuliner berupa minuman khas Sumatra Utara. Minuman ini memang menjadi sajian saat Ramadan.

Toge panyabungan merupakan kombinasi dari ketan merah, ketan biasa, tape, candil, dan lupis. Minuman ini memiliki cita rasa manis yang menggoyang lidah.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.