Sukses

Tiba-Tiba 3 Sapi Warga Angkola Timur Hilang dari Kandang, Diduga Ulah Si Datuk Belang

Warga Desa Lantosan Rogas, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) mendadak heboh.

Liputan6.com, Tapanuli Selatan Warga Desa Lantosan Rogas, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) mendadak heboh.

Kehebohan disebakan hilangnya 3 ekor sapi milik warga dari dalam kandang pada Senin, 27 Februari 2023. Diduga, hewan ternak yang hilang dimangsa oleh harimau.

Sapi-sapi tersebut milik warga bernama Kaya Nasution. Dugaan hilangnya sapi akibat dimangsa harimau karena ditemukan bangkai dengan kondisi luka cabikan.

"Ditemukan sekitar 3 Kilometer dari kandang," kata Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, Jumat (3/3/2023).

Sebelum sapinya hilang, pemilik ternak sempat melakukan pengecekan di kandang. Saat itu sapinya masih lengkap. Namun 2 hari kemudian, saat kembali mengecek ternak bersama orang tuanya, 3 sudah sudah hilang.

Pemilik ternak dan warga sekitar sempat mencari sapi yang hilang di sekitar kandang. Mereka malah menemukan bangkai sapi dengan kondisi luka cabikan.

"Mereka terlebih dahulu melaporkan ke pemerintah desa. Jarak pemukiman dengan lokasi kejadian sekitar 3 Kilometer," sebut Imam.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jejak Diduga Harimau

Mendapat laporan, pemerintah desa bersama warga dan pemilik ternak kembali melakukan pengecekan. Mereka terkejut, karena menemukan ada jejak telapak kaki satwa diduga harimau.

"Sebagian masyarakat jadi tidak berani lagi pergi ke kebun dan ke sawah," ungkap Kapolres Tapsel, Imam Zamroni.

Temuan itu lalu dilaporkan ke polisi dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat. Pengecekan dilakukan pada Kamis, 2 Maret 2023.

"Saat pengecekan, ditemukan jejak kaki diduga bekas dua individu harimau sumatera (panthera tigris). Diduga induk dan anak," terangnya.

3 dari 3 halaman

Imbauan ke Masyarakat

Terkait temuan jejak diduga milik harimau itu, Imam mengimbau kepada warga untuk tidak menggembalakan ternaknya secara lepas di perkebunan. Jika harus beraktivitas di kebun, harus diupayakan dengan cara berkelompok.

"Harus sudah kembali sebelum hari gelap," imbaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.