Sukses

Mengukur Kesiapan Pemerintah Saat 50 Persen Masyarakat Indonesia Mudik Lebaran

Pemerintah menyiapkan berbagai aspek dan strategi menghadapi arus mudik Idul Fitri 2023 ini, salah satunya di Kota Cilegon, Banten, yang menjadi penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Terlebih, diprediksi pemudik akan meningkat tajam.

Liputan6.com, Cilegon - Pemerintah menyiapkan berbagai aspek dan strategi menghadapi arus mudik Idul Fitri 2023 ini, salah satunya di Kota Cilegon, Banten, yang menjadi penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Terlebih, diprediksi pemudik akan meningkat tajam.

Menghadapi kenaikan signifikan pemudik yang akan menyeberangi Selat Sunda, pemerintah akan mengoperasikan tiga pelabuhan di Kota Cilegon, untuk mengantarkan masyarakat menyeberangi Selat Sunda, yakni Pelabuhan Merak, Pelindo, serta Pelabuhan Indah Kiyat.

Total ada 14 dermaga yang akan beroperasi. Tujuh di antaranya berada di Pelabuhan Merak yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry.

"Beberapa hal yang kami koordinasikan, melakukan penambahan jumlah pelabuhan, dan sudah disepakati, Ciwandan (Pelindo) menambah pelabuhan dan satu lagi dari Indah Kiyat, jadi dari tujuh menambah jadi tujuh lagi," ujar Menhub, Budi Karya Sumadi, di Dermaga Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (11/03/2023).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Tiket Lebih Mahal

Masyarakat diminta membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan, untuk mempermudah pengaturan jadwal, rekayasa lalu lintas, hingga penyediaan armada kapal yang akan dioperasikan.

Pemudik akan dikenakan tarif lebih mahal jika membeli tiket di hari keberangkatan. Hal ini diberlakukan agar masyarakat bisa mengatur jadwal penyeberangan sejak jauh hari.

"Hal lain yang harus kita lakukan bisa terkontrol dengan baik, melakukan manajemen jumlah penumpang dengan baik, menganjurkan agar mereka membeli tiket satu hari sebelumnya. Bahkan ASDP akan menambah charger beli di hari yang sama, kalau beli di hari H, kena harga lebih tinggi," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Simulasi Rekayasa Lalu Lintas

Polri, terutama Korlantas, akan melakukan berbagai macam simulasi rekayasa lalu lintas hingga pembelian tiket. Semua akan dilaporkan dan dievakuasi secara berkala, dengan tujuan arus mudik Idulfitri 2023 memberi kesan nyaman dan baik bagi masyarakat.

Kementerian serta dinas PUPR di daerah akan merapihkan jalan serta penerangan sesuai kewenangannya, sehingga nyaman saat dilintasi pemudik.

"Ini merupakan perintah presiden agar mudiknya berkesan, aman, lancar. Karenanya kita melakukan upaya-upaya, PU akan menyelesaikan beberapa ruas jalan, baik dari Jakarta ke Semarang, akan ada yang ditambahkan dan juga penambahan rest area," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.