Sukses

Viral Virtex Serang WhatsApp hingga Bikin Eror, Ini Cara Mengatasinya

Terdapat beberapa jenis virtex, di antaranya virtex easy, virtex sedang, dan virtex ganas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Belakangan, virtex menjadi perbincangan warganet yang kesal karena mengakibatkan WhatsApp (WA) berhenti bekerja (lag). Virtex atau virus text berpotensi membuat beberapa aplikasi pada gawai mengalami gangguan, salah satunya pada aplikasi pesan WA.

WA yang terkena virtex, secara otomatis akan mengalami lag dalam waktu yang cukup lama. Virtex biasanya berupa pesan berisi karakter unik yang cukup panjang.

Hal tersebut bisa menjadi indikasi adanya virtex yang akan membuat gawai terserang virtex. Selanjutnya, gawai akan mengalami lag atau eror.

Terdapat beberapa jenis virtex, di antaranya virtex easy, virtex sedang, dan virtex ganas. Meski demikian, hal ini dapat dicegah dengan beberapa cara. Berikut cara mengatasi virtex pada WA:

1. Abaikan pesan dari nomor tak dikenal

Menghindari atau mengabaikan pesan dari nomor tidak dikenal bisa menjadi langkah awal untuk mengantisipasi WA agar tidak terkena virtex. Jika mendapatkan pesan berupa karakter unik yang tak terbaca, sebaiknya langsung menghapus pesan tersebut tanpa membukanya.

2. Gunakan WhatsApp immune

WhatsApp immune merupakan salah satu aplikasi MOD pada WA. Aplikasi ini memiliki sifat kebal akan virtex. Dengan aplikasi ini, maka gawai akan terhindar dari virtex.

3. Lakukan penggunaan aplikasi WhatsApp secara paksa

Jika kamu terlanjur membuka pesan tersebut, maka paksa WA untuk berhenti bekerja. Kamu bisa menutup paksa pesan WA dan menghapusnya dari 'recent apps'.

Selanjutnya kamu bisa membuka WA kembali dan menghapusnya. Jika gawai masih eror, maka kamu perlu mengulangi langkah-langkah tersebut.

4. Hapus data WhatsApp dan instal ulang

Jika cara di atas masih tidak bekerja, kamu bisa menggunakan cara lain. Hapus data aplikasi WhatsApp dan lakukan install ulang. Hal ini dapat menghindari gawai dari efek virtex.

5. Jangan sembarang memberikan nomor WhatsApp

Hal paling penting lainnya untuk terhindar dari virtex adalah jangan memberikan nomor WA kepada orang yang tidak dikenal. Pasalnya, setiap orang bisa saja menyalahgunakan nomor tersebut. Hal ini sebagai antisipasi awal sebelum nomor WA menjadi target virtex.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.