Sukses

5 Ide Menu Ramadhan Bebas Minyak Goreng, dari Sahur hingga Buka Puasa

Saat berpuasa sebaiknya menghindari segala menu Ramadhan bentuk gorengan demi kesehatan dan kenyamanan lambung.

Liputan6.com, Yogyakarta - Mengolah masakan dengan minyak sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Namun, saat berpuasa sebaiknya menghindari segala menu Ramadhan bentuk gorengan demi kesehatan dan kenyamanan lambung.

Pasalnya, berbagai olahan gorengan mengandung banyak kalori, lemak trans tinggi, hingga akrilamida. Kamu bisa mengganti aneka gorengan tersebut dengan berbagai menu bebas minyak goreng berikut:

1. Sup kimlo daging

Sup kimlo daging merupakan makanan khas Solo yang cocok dijadikan menu sahur. Makanan yang tidak menggunakan minyak ini merupakan makanan yang mendapat pengaruh kuliner peranakan.

Sajian ini akan nyaman dinikmati saat sahur, terutama saat masih dalam keadaan hangat. Sup ini juga memiliki campuran bahan yang padat gizi, seperti kembang tahu, bunga sedap malam, hingga aneka jamur.

2. Sup ayam bening

Selain sup kimlo, kamu juga bisa menyantap sup ayam bening sebagai menu sahur saat Ramadhan. Mengolah ayam dengan cara direbus tentu lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan digoreng. Selain ayam, sajian ini juga berisi aneka sayuran yang juga bernutrisi, seperti kentang, wortel, kol, dan lainnya.

3. Pentol bakso ayam

Selanjutnya, untuk menu takjil, kamu bisa berkreasi dengan membuat pentol. Selain putih telur, untuk membuat camilan ini kamu juga bisa menambahkan labu siam parut ke dalam adonan.

Hal tersebut akan membuat pentol lebih kenyal. Selain itu, pastikan untuk merebus pentol bakso ayam hingga matang di atas api kecil dan jangan sampai terlalu lama agar teksturnya tetap kenyal dan tidak kering.

4. Bolu kukus

Selain pentol, kamu juga bisa menyantap bolu kukus sebagai menu takjil. Jika kamu ingin membuat bolu kukus sendiri di rumah, pastikan untuk menggunakan telur bersuhu ruang. Telur bersuhu ruang akan mengembang sempurna saat diaduk bersama gula.

5. Mi nyemek ayam sayuran

Sebagai menu berbuka, kamu bisa menyantap mi nyemek ayam sayuran. Mi nyemek biasanya dijual di berbagai warung bakmi khas Jawa.

Namun, jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri, kamu bisa menggunakan jenis mie telur berwarna kuning. Kamu bisa memilih antara tipe mie yang pipih atau yang berbentuk silinder.

Untuk daging ayamnya, kamu bisa mencampurkannya dengan cara dipotong kecil-kecil atau disuwir terlebih dahulu. Sementara untuk sayurannya, cukup gunakan kembang kol, sawi, daun bawang, dan tomat. Terpenting, kamu juga wajib menambahkan telur dan bakso.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.