Sukses

Hati-Hati Hubungan Kandas, Ini Mitos Larangan Bermesraan di Coban Rondo Malang

Menawarkan keindahan alam yang menawan, ternyata Coban Rondo juga menyimpan mitos berupa adanya kutukan.

Liputan6.com, Malang - Coban Rondo merupakan destinasi wisata yang menghadirkan keindahan air terjun. Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur.

Menawarkan keindahan alam yang menawan, ternyata Coban Rondo juga menyimpan mitos berupa adanya kutukan. Konon, air terjun tersebut menjadi saksi bisu dari kisah cinta yang tragis.

Menurut legenda yang dipercaya masyarakat sekitar, pada zaman dahulu terdapat pasangan pengantin baru bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Suatu hari, mereka berjalan-jalan dan bertemu orang asing bernama Joko Lelono.

Karena terpesona dengan kecantikan Dewi Anjarwati, Joko Lelono pun berkeinginan merebutnya dari Raden Baron Kusuma. Merasa terjebak di situasi berbahaya, Raden Baron Kusuma pun langsung menyembunyikan istrinya di air terjun.

Kedua laki-laki tersebut kemudian beradu kesaktian. Nahas, keduanya tewas setelah bertarung sengit selama tiga hari. Peristiwa tersebut membuat Dewi Anjarwati terpukul.

Ratapannya terdengar sangat memilukan bagi siapa saja yang mendengarnya. Dari cerita tersebut, nama Coban Rondo pun disematkan karena memiliki arti air terjun janda.

Legenda di lokasi tersebut kini dianggap memiliki kutukan. Salah satu larangan yang terkenal di Coban Rondo adalah dilarang berpacaran atau bermesraan di area air terjun tersebut.

Konon, siapa pun yang bermesraan di tempat wisata Malang ini, maka hubungannya akan segera kandas. Beberapa orang percaya hal tersebut terjadi karena kutukan Dewi Anjarwati.

Dalam mitos Coban Rondo, Dewi Anjarwati tidak suka melihat kemesraan pasangan lain, sedangkan ia harus kehilangan sang suami. Oleh karena itu, banyak orang yang menyarankan untuk tidak membawa pasangan saat ingin berwisata di Coban Rondo. 

Selain kutukan, tempat ini juga dipercaya dihuni oleh berbagai macam makhluk halus. Pengunjung yang melakukan hal-hal tidak sopan di area air terjun angker ini, maka akan terkena sial.

Ada juga mitos yang mengatakan, orang tersebut akan diikuti dan diganggu oleh makhluk halus sampai ke rumahnya. Oleh karena itu, pengunjung dilarang melakukan beberapa hal tak baik di Coban Rondo, seperti membuang sampah sembarangan, kencing, mengatakan hal-hal kotor, berteriak, dan masih banyak lagi.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.