Sukses

Pesona Mural Kampung Wisata Suryatmajan Yogyakarta, Cocok Jadi Tempat Foto-Foto

Mural tersebut merupakan karya para pemuda di kampung tersebut.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menjadi salah satu gerbang menuju pusat daya tarik wisata Malioboro Yogyakarta, Kampung Suryatmajan terus berkembang menjadi lebih baik. Hal tersebut merupakan upaya untuk dapat menarik dan menggaet wisatawan.

Kampung ini juga telah ditetapkan sebagai kampung wisata binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Kampung Suryatmajan menghadirkan situasi jalan perkampungan, dinding, hingga pagar dengan berbagai lukisan mural.

Mural tersebut merupakan karya para pemuda di kampung tersebut. Selain itu, berbagai kegiatan penunjang pariwisata juga terus ditonjolkan.

Ketua Pokdarwis Suryatmajan, Andreas Danar Krissetyanto mengatakan, karya seni mural yang menghiasi setiap lorong tersebut juga memiliki makna tersendiri. Salah sayunya adalah mural pada bagian pintu masuk sisi selatan yang menceritakan tentang tokoh pewayangan kesatria Gatotkaca ketika berperang.

Sementara itu, Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata Berkelanjutan Kemenparekraf, Indra Ni Tua menilai, semangat yang dimiliki Kampung Suryatmajan sangat jarang dimiliki kampung wisata lain. Selain didukung lorong sayur yang dikelola secara baik, hal tersebut juga diperindah dengan karya seni para anak mudanya.

Hal tersebut sekaligus menjadi ruang berekspresi dan menuangkan sisi positif para generasi muda. Ia berharap, sinergi yang terbangun di Kampung Suryatmajan dan di Kota Yogyakarta bisa terus berlanjut dan dikembangkan.

Hal tersebut dapat mendongkrak pariwisata dengan memberdayakan masyarakat setempat. Dengan demikian, keberadaan destinasi wisata pun bisa semakin luas.

Selain warna-warni karya seni mural, Kampung Suryatmajan juga memiliki daya tarik lain. Beberapa di antaranya adalah batik eco print, kesenian tari, budaya, UMKM, kerajinan, dan lainnya. Hal ini merupakan titik awal kebangkitan Kampung wisata Suryatmajan dari berbagai sisi karena memiliki berbagai hal menarik, baik kuliner, budaya, hingga paket wisata berkeliling dengan menggunakan sepeda onthel.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.