Sukses

Resep Kue Kering Nastar Coklat Cita Rasa Khas: Lumer, Renyah dan Lezat

Jelang Ramadan, tak sedikit para ibu rumah tangga membuat kreasi makanan kering untuk disediakan untuk haru lebaran nanti, atau sekedar untuk menjadi bisnis musiman

Liputan6.com, Solo - Dalam beberapa hari memasuki bulan Ramadan atau puasa sudah barang tentu aneka macam makanan musiman seperti kue-kue kering ada di mana-mana dan menjadi incaran masyarakat.

Bahkan, tak sedikit para ibu rumah tangga memanfaatkan momentum musiman tersebut untuk menjual kue kering, seperti nastar, kastengel, putri salju, sagon, dan lainnya.

Meski banyak masyarakat yang membuat dan menjual, kudapan tersebut tidak pernah sepi di pasaran. Bahkan saat ini kue kering sudah banyak dikreasikan dengan berbagai varian rasa dan varian.

Misalnya, olahan kue kering perpaduan antara adonan tepung, selai nanas, dan toping kuning telur atau keju yang saat ini sudah semakin banyak kreasi seperti nastar dengan toping coklat, pandan, dan varian coklat lainnya. 

Artikel berikut ini akan mengulas tentang resep kue nastar coklat hanya dengan bahan-nahan sederhana bisa menghasilkan rasa nastar yang lembut, lumer, tapi ada sensasi renyah.

Sebelumnya siapkan alat-alat di bawah ini:

  • wadah besar untuk mencampur adonan tepung dan lainnya
  • mixer
  • rolling pan (untuk menggiling adonan)
  • timbangan
  • mangkok kecil untuk kuning telur
  • spatula dan juga panci untuk tim coklat

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat

Setelah menyiapkan alat-alat untuk pembuatan kue kering nastar coklat, anda bisa menyiapkan bahan-bahannya seperti di bawah ini :

  • 300 gram butter bisa menggunakan jenis butter yang bisa disesuaikan dengan kantong, untuk mendapatkan kue kering yang enak, dan aromanya wangi anda bisa menggunakan wijsman.
  • 300 gram margarin bisa menggunakan jenis margarin yang digunakan untuk olesan roti tawar.
  • 200 gram gula halus.
  • 4 kuning telur bebek.
  • 100 gram tepung maizena.
  • 3 sachet susu bubuk dancow
  • 100 gram keju kraft parut.
  • 1 bungkus atau 1/2 sendok teh vanili bubuk.
  • 600 gram tepung terigu protein sedang yang sudah disangrai dan disaring.
  • Selai Nastar (bisa membuat sendiri atau beli di toko bahan kue sudah tersedia).
  • 500 gram Coklat blok dan lelehkan/bisa ditim di atas air/dilelehkan di microwave.

Ketika bahan-bahan dan peralatan sudah disiapkan, kita bisa memulai membuat kue nastar coklat. Dimulai dengan langkah pertama, mencapur margarin dan juga butter menggunakan mixer tidak perlu lama-lama cukup 2 menit.

Langkah kedua masukkan vanili, gula dan kuning telur, ke adonan pertama kemudian mixer perlahan sekitar 1 menit, tahapan ketiga masukkan maizena, susu bubuk, keju parut, dan aduk dengan spatula. Terakhir masukkan tepung yang sudah disangrai dan disaring tadi ke adonan tahap kedua, sambil diaduk-aduk menggunakan spatula. Setelah adonan tercampur dan sudah bisa dibentuk gunakan sarung tangan khusus membuat kue dan membagi-bagi adonan kurang lebih 4 gram atau menurut selera ukuran kita.

Selesai dibagi menjadi masing-masing beratnya 4 gram pipihkan dan masukkan selai nastar 1 gram, lalu tutupi semua bahan selai hingga tertutup adonan nastar bentuk adonan menjadi bulat. Lakukan hal yang sama hingga adonan abis, letakkan di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti dengan jarak 4 cm.

Kemudian, panggang dalam oven selama 30 menit dengan api kecil, pada 15 menit pertama putar loyang supaya kematangan merata dan tidak gosong ketika diangkat. Setelah 30 menit dan bulatan-bulatan nastar tadi sudah berwarna kuning kecoklatan angkat dan diamkan.

Pada saat nastar sudah dingin, celupkan separuh bagian nastar tadi ke cairan coklat yang sudah dilelehkan, lalu taburi dengan sprinkle pemanis warna warni berbentuk bulatan kecil-kecil atau yang berbentuk bulan/bintang. Diamkan hingga coklat mengering, lalu masukkan ke dalam loyang nastar coklat lumer dan renyah bisa disajikan di ruang tamu atau bisa dijual.

Ukuran nastar satu toples dengan ukuran 700 gram bisa dijual dengan harga 50-150 ribu rupiah, tergantung jenis bahan yang digunakan yang premium atau yang biasa. Nah, mudah kan membuat nastar coklat lumer yang renyah di luar itu? selamat mencoba ya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.