Sukses

Diprotes Warga Garut soal Jalan Rusak, Ridwan Kamil Unggah Foto Perbaikan Jalan di Medsos

Rencananya Koalisi Masyarakat Pemantau Pembangunan Garut bakal melakukan somasi kepada Gubernur Jawa Barat dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Garut - Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Kang Emil langsung merespons cepat terhadap kemarahan masyarakat Garut atas pemasangan spanduk kerusakan jalan provinsi yang berada di wilayah Garut.

Dalam akun instagram pribadinya, Kang Emil langsung mengunggah pengerjaan perbaikan ruas jalan provinsi perbatas Garut – Bandung.

“Hari ini sedang melakukan pekerjaan peninggian badan jalan dengan lapis pondasi agregat kelas A,” tulis Ridwan Kamil, Selasa (21/3/2023).

Bahkan selang beberapa saat kemudian, kang Emil kembali memposting sejumlah rencana pembangunan jalan dan jembatan di wilayah Jawa Barat dalam waktu dekat.

"71 RUAS JALAN DI JABAR SEGERA DIPERBAIKI." Setelah 2 tahun tertunda karena anggaran infrastruktur yang tergeser untuk bantuan sosial Covid-19. Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jawa Barat segera diperbaiki.

Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek. Pengerjaan terhadap 71 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemdaprov Jabar terbagi dalam tiga klasifikasi yaitu pemeliharaan berkala, rekonstruksi, dan peningkatan jalan.

71 ruas jalan tersebut dibagi dalam 69 paket pekerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkala. Kebanyakan dari total panjang ruas jalan 353,822 kilometer yang diperbaiki itu, klasifikasinya adalah pemeliharaan berkala, pelapisan kembali atau _overlay_ dengan hotmiks.

Dari 69 paket pekerjaan penanganan jalan, 62 di antaranya adalah pemeliharaan berkala yang pemilihan penyedianya melalui e-katalog tanggal 19 Februari lalu sudah tayang.

Sudah berkontrak 62 paket dengan total panjang 337,342 kilometer. Beberapa paket pekerjaan akan di bulan Maret minggu ke dua dan selesai pada akhir bulan Juli.

Tetapi untuk mengatasi kerusakan jalan berlubang melalui pemeliharaan rutin gerakan sapu lubang akan diupayakan tuntas agar menjelang Lebaran diselesaikan.

Ruas jalan yang diperbaiki hampir ada di setiap kabupaten/kota yang menjadi kewenangan Provinsi Jabar atau jalan Provinsi.

Selain pekerjaan jalan, ada tiga jembatan yang diperbaiki, dua diganti yang satu dibangun, tiga jembatan itu di Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, dan Pangandaran.

 

2 dari 2 halaman

Spanduk Kritik

Sebelumnya, sejumlah warga yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Pemantau Pembangunan Garut, memasang sejumlah spanduk kritikan kepada Gubernur Ridwan Kamil akibat jalan rusak milik provinsi yang terjadi di wilayah Garut.

‘MENJADI JABAR SANGSARA, hanya di jaman Ridwan Kamil jalan ini rusak’.  ‘Moal Dipilih Deui’ (Tidak akan dipilih kembali),’ hingga tulisan ‘Kami butuh aksi nyata gubernur bukan pencitraan, jalan ruksak rakyat nucilaka (yang celaka)’ dibentangkan masyarakat Garut di beberapa titik jalan provinsi di Garut.