Sukses

Es Kelapa Susu Kurma hingga Lumpia Mi, Ide Usaha Menu Takjil Ramadan 2023

Biasanya umat Muslim mulai memadati kawasan tertentu sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Ngabuburit merupakan bagian dari aktivitas rutin masyarakat saat Ramadan. Biasanya, umat Muslim mulai memadati kawasan tertentu sambil menunggu waktu berbuka puasa

Dalam aktivitas ngabuburit, masyarakat tak hanya menikmati sore. Mereka juga sambil berburu takjil untuk melengkapi menu buka puasa di rumah.

Tidak sedikit juga masyarakat yang memanfaatkan momen Ramadan ini untuk mencari berkah. Seperti jualan berbagai menu takjil hingga waktu buka puasa.

Mulai dari kolak, hingga ragam bubur yang banyak diburu para pencari takjil. Namun, pada perkembangannya, banyak menu baru yang dijual dan bisa menjadi ide usaha saat Ramadan di lingkungan kalian.

Berikut sejumlah ide usaha takjil dengan modal yang kecil namun akan mendatangkan keberkahan gang luar biasa.

Es Kelapa Susu Kurma

Siapa yang menyangka kalau minuman yang satu ini akan selalu menjadi serbuan pemburu takjil saat puasa Ramadan. Kita ketahui bersama jika air kelapa merupakan pengganti cairan ion setelah hampir 14 jam menjalankan ibadah puasa.

Apalagi buah kurma rupanya menjadi sesuatu yang sakral sebagai makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW untuk membatalkan puasa.

Nah, kalau keduanya digabungkan bukan hanya memiliki cita rasa yang lezat. Akan tetapi memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh setelah menjalanlan ibadah puasa dan jadi usaha yang pas saat bulan Ramadan.

Lumpia Mi

Gorengan biasanya menjadi hidangan yang paling dicari untuk menu berbuka puasa, termasuk salah satunya adalah lumpia. 

Cemilan populer yang cocok disantap ketika berbuka puasa ini bisa kalian jadikan ide jualan yang mudah dibuat, lho. 

Tidak hanya diisi dengan isian ayam, sayur, bihun, ataupun rebung, kalian juga dapat memodifikasinya dengan isian mi.

Apalagi sambil ditemani dengan bumbu kacang yang pastinya akan menambah cita rasa makanan yang satu ini. Jangan salah, gorengan juga sudah menjadi trend makanan pembuka saat puasa Ramadan dan cocok sebagai usaha yang bisa dipilih untuk Anda.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakso Goreng

Mungkin selama ini bakso dikenal sebagai makanan yang berkuah sambil ditemani dengan teman-temannya yaitu mi dan sayuran di dalamnya.

Akan tetapi saat puasa Ramadan, bakso goreng jadi usaha yang pas untuk Anda pemburu cuan. Mengapa begitu? Selain mudah didapat, makanan yang satu ini juga jadi makanan yang pas untuk menjadi makanan pembuka puasa.

Bakso goreng menjadi salah satu ide jualan menu buka puasa karena cara membuatnya yang mudah. Selain itu, rasanya yang gurih dan teksturnya yang garing bisa dinikmati oleh berbagai rentang usia. Tertarik untuk menjualnya?

Es Teh

Saat ini, es teh telah menjelma menjadi sebuah waralaba. Apabila tidak ingin ribet menyiapkan gelas dan sebagainya, kamu bisa membeli franchise es teh untuk mulai berjualan.

Dengan membeli franchise, kamu sudah mendapatkan bahan serta alat yang siap digunakan untuk berjualan.

Es Campur

Butuh ide jualan minuman pada Ramadan yang lain? Jika iya, es campur adalah opsi menu yang tidak pernah membosankan untuk dicoba. Sesuai namanya, kamu bisa mencampurkan berbagai jenis buah dan topping sebagai variasi.

Hingga saat ini, es campur masih menjadi salah satu hidangan populer yang sangat diminati selama bulan Ramadan di Indonesia. Agar pelanggan tidak bosan, kamu bisa membuat beberapa varian es campur sekaligus saat berjualan.

Nah itulah lima deretan ide jualan takjil yang bisa Anda coba untuk mengisi waktu ibadah puasa sekaligus untuk mencari tambahan untuk bekal lebaran nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.