Sukses

Deretan Makanan di Indonesia Ini Gunakan Nama Hewan

Biasanya, nama tersebut disematkan karena makanan yang dipasarkan memiliki bentuk yang mirip dengan anggota tubuh hewan tertentu.

Liputan6.com, Yogyakarta - Terdapat banyak makanan Indonesia dengan beragam nama yang unik. Beberapa di antaranya bahkan menggunakan nama hewan.

Biasanya, nama tersebut disematkan karena makanan yang dipasarkan memiliki bentuk yang mirip dengan anggota tubuh hewan tertentu. Berikut deretan makanan pakai nama hewan:

1. Kue Laba-Laba

Kue laba-laba atau kue sarang laba-laba berasal dari Jakarta dan populer hingga Jawa Barat dan sekitarnya. Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk seperti jaring laba-laba. Kudapan ini memiliki rasa manis dengan warna yang beraneka ragam.

2. Kue Sarang Semut

Kue sarang semut merupakan jenis kue bolu yang berasal dari Tanah Papua. Kue berwarna cokelat gelap ini memiliki tekstur kenyal dan legit.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue ini sebenarnya mirip dengan bahan kue bolu. Kue ini memiliki tampilan bagian dalam kue yang berongga menyerupai sarang semut.

3. Kuku Macan

Kuku macan merupakan camilan berupa kerupuk yang gurih. Camilan ini memiliki bentuk bagian ujung yang tajam, layaknya kuku macan. Ukuran camilan ini hanya sekitar seujung jari kelingking atau ibu jari, sehingga gampang disantap dalam satu kali suapan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuping Gajah

4. Kuping Gajah

Kuping gajah merupakan camilan yang berasal dari Jawa Tengah. Camilan ini memiliki rasa gurih dan manis dengan tekstur renyah.

Biasanya kue gajah disajikan sebagai camilan saat lebaran. Nama kuping gajah disematkan karena memang camilan ini memiliki bentuk menyerupai telinga gajah yang tipis dan lebar.

5. Lidah Kucing

Kue favorit khas hari raya ini termasuk ke dalam kategori kue kering. Kue ini terbuat dari tepung terigu dan putih telur yang dipanggang dengan cetakan khusus. Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk yang panjang dan tipis seperti lidah kucing.

6. Roti Buaya

Sebagaian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan roti buaya. Roti buaya merupakan roti yang selalu ada dalam tradisi masyarakat Betawi, salah satunya saat upacara pernikahan. Hal tersebut membuat roti buaya menjadi simbol yang sangat identik dengan Jakarta.

7. Telur Cicak

Selanjutnya ada telur cicak yang merupakan permen warna-warni favorit anak-anak. Permen ini terbuat dari kacang dan memiliki bentuk sangat kecil, layaknya telur cicak.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.