Sukses

Polres Garut Siapkan Puluhan Bus Mudik Gratis, Cek Cara Pendaftarannya

Kepolisian Resort (Polres) Garut, Jawa Barat menyediakan puluhan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang digunakan dalam program 'Mudik Presisi Polres Garut 2023'.

Liputan6.com, Garut - Kepolisian Resort (Polres) Garut, Jawa Barat menyediakan puluhan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang digunakan dalam program 'Mudik Presisi Polres Garut 2023'.

"Kegiatannya gratis bagi semua warga yang akan mudik, untuk saat ini kami sudah siapkan 10 bis dulu," ujar Kasatlantas Polres Garut AKP Undang Syarif Hidayat, Senin (3/4/2023).

Menurutnya, ide mudik gratis Lebaran bagi warga perantau di Garut baru pertama kali dilaksanakan polres Garut, melihat banyaknya warga perantau yang mengadu nasib di kota Intan.

"Kebetulan Pak Kapolda dan pak Kapolres punya rencana program mudik gratis bagi warga pada Idul Fitri 1444 H/2023 ini," ujar dia.

Gayung bersambut, akhirnya program mudik presisi polres Garut 2023 diputuskan pada 19 April mendatang. "Untuk sementara kami hanya menyediakan dua program bagi pemudik di pulau Jawa, baik via selatan maupun utara," papar dia.

Untuk jalur selatan, rute yang akan digunakan dimulai di polres Garut sebagai titik kumpul kedua jalur, kemudian Cilacap, Kebumen, Jogjakarta, Solo.

Sementara jalur utara, rute yang akan dilalui meliputi Garut, Sumedang, Majalengka, Indramayu hingga Cirebon. "Bagi pemudik yang akan gabung pendaftaran dibuka mulai besok tanggal 4 - 17 April mendatang," kata dia.

Undang memastikan kegiatan mudik gratis itu berlaku buat seluruh masyarakat tanpa syarat apapun. "Tidak hanya pedagang, siapa pun bisa ikut cukup menyertakan KTP tempat tujuan yang menunjukan dia pemudik," ujar dia.

Rencannya pelepasan program mudik gratis presisi polres Garut 2023 akan dilepas secara resmi oleh Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro, Rabu (19/4/2023), pukul 07.00 WIB.

"Seluruh pemudik bagi jalur utara maupun selatan, titik kumpunya di Mapolres Garut," kata dia mengingatkan.