Sukses

Ini Dia Cara Paling Tepat Menjaga Kesehatan Bibir Saat Puasa

Salah satu penyebab bibir kering saat berpuasa adalah dehidrasi dan kurangnya asupan nutrisi penting, termasuk vitamin dan mineral.

Liputan6.com, Jakarta - Saat puasa, tubuh akan kekurangan cairan yang bisa mengakibatkan bibir kering. Ingat, untuk tidak menjilat bibir kering tapi pastikan untuk mengatasi bibir kering saat puasa dengan cara yang tepat.

Salah satu penyebab bibir kering saat berpuasa adalah dehidrasi dan kurangnya asupan nutrisi penting, termasuk vitamin dan mineral. Namun, bibir kering saat puasa juga bisa disebabkan faktor lainnya, seperti masalah udara, seperti terlalu banyak di ruang ber-AC atau terlalu sering terpapar sinar matahari langsung tanpa perlindungan.

Bibir kering saat puasa dapat dianggap wajar, tetapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi kondisi ini.

Berikut cara tepat mengatasi bibir kering saat puasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

1. Minum cukup air

Pastikan kamu minum cukup air saat berbuka dan sahur. Penuhi kebutuhan 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembaban bibir. 

2. Hindari minuman berkafein dan beralkohol

Minuman berkafein dan beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga sebaiknya dihindari.

3. Gunakan pelembap bibir

Gunakan pelembap bibir yang mengandung bahan-bahan alami seperti petroleum jelly, lidah buaya, dan vitamin E untuk menjaga kelembaban bibir dan mencegah bibir pecah atau kering.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Hindari menjilat bibir

Terlalu sering menjilat bibir dapat membuat bibir semakin kering dan membuatnya rentan terhadap pecah-pecah.

5. Konsumsi makanan yang mengandung air

Mengonsumsi makanan yang mengandung air seperti buah-buahan dan sayuran segar saat berbuka dan sahur juga dapat membantu menjaga kelembaban tubuh dan mencegah dehidrasi.

6. Hindari terpapar udara yang kering

Hindari terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC atau terpapar sinar matahari langsung yang dapat membuat udara menjadi kering dan memperburuk kekeringan bibir.

Itu dia beberapa cara mengatasi bibir kering saat puasa yang bisa kamu lakukan. Tapi jika kamu mengalami kondisi bibir kering yang cukup parah hingga menimbulkan rasa sakit, pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.