Sukses

Profil Thoriqul Haq, Bupati Lumajang yang Izinkan Pembangunan Gereja Berdampingan dengan Masjid

Saat ini Pemerintahan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dikabarkan akan membangun masjid serta gereja yang lokasinya berdampingan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dikabarkan akan membangun masjid serta gereja yang lokasinya berdampingan. Hal ini menjadi salah satu bukti dan bentuk moderasi beragama yang ada di kabupaten setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Lumajang Thoriqul Haq melalui media sosial Twitter-nya. Dia turut menegaskan jika pembangunan gereja ini masih tetap dilanjutkan.

Adapun anggarannya berasal dari APBD tahun 2023. Pembangunan rumah ibadah ini disebut sebagai bentuk kebersamaan antar umat beragama di Lumajang.

Masih saja ada yg bertanya soal PEMBANGUNAN GEREJA. perlu saya  jelaskan, pembangunan gereja TETAP DILANJUTKAN, anggaran dari  APBD tahun 2023. Saya ingin sampaikan bahwa, KEBERSAMAAN antar umat beragama di LUMAJANG telah  terbangun sangat HARMONIS. Tidak boleh siapapun MENGGANGGU,” tulis @thoriqul_haq dikutip Kamis (6/4/2023).

Kicauan tersebut telah dilihat oleh 2,2 juta pengguna Twitter dan disambut baik oleh sejumlah warganet. Karena hal ini menjadi contoh adanya kebersamaan serta toleransi antara umat beragama.

Adapun proses perizinannya telah sesuai dengan Undang-undang dan aturan yang berlaku sehingga pembangunan dari gereja yang akan berdampingan dengan masjid ini sudah sesuai dengan aturan yang ada.

“Saya ingin menyampaikan bahwa proses perizinannya sudah sesuai dengan undang-undang, sesuai dengan aturan, sehingga pembangunan gereja tersebut  merupakan salah satu solusi untuk permasalahan yang sebelumnya terjadi,” ujar Thoriqul Haq mengutip dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Thoriqul Haq

Thoriqul Haq atau akrab disapa Cak Thoriq merupakan Bupati Lumajang yang menjabat untuk periode 2018-2023. Pria kelahiran 14 Desember 1977 itu termasuk kepala daerah generasi muda di Jawa Timur.

Thoriqul Haq pernah menempuh pendidikan di Ponpes anak-anak Darul Falah Denok dan masuk sekolah dasar di MI Nurul Islam Denok. Dia melanjutkan pendidikan di MTs Negeri Denanyar Jombang dan juga tinggal di Ponpes Mambaul Maarif Denanyar.

Setelah lulus dari MTs, Thoriqul Haq pun melanjutkan pendidikan menengah di MA Negeri Malang I sembari turut belajar di Ponpes Darul Ulum  Al-Fadholi. Ia kemudian menempuh pendidikan perguruan tinggi di IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Dia pun turut melanjutkan pendidikan magisternya di University of Malaya yang merupakan universitas negeri di Kuala Lumpur Malaysia.

Pada akhir 2022 lalu, Thoriqul Haq juga baru menyelesaikan ujian seminar proposal disertasinya untuk program S3-nya di Universitas Brawijaya.

Adapun sebelum menjabat menjadi seorang Bupati di Lumajang, Thoriq pernah menjadi anggota DPRD untuk Provinsi Jawa Timur. Jabatannya sebagai anggiota dewan ia jalani selama dua periode yaitu 2009-2014 dan 2014-2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.