Sukses

Sekda Riau Diperiksa KPK, Berikut Pembelaan SF Hariyanto Terhadap Istrinya yang Tuai Cibiran

Sekda Riau Sf Hariyanto diminta keterangan oleh KPK sebagai buntut pamer harta yang dilakukan istrinya saat berlibur ke luar negeri dan memakai barang mewah.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangannya untuk memenuhi panggilan terkait laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya yang diduga tidak sesuai profil.

Panggilan ini juga tak luput dari pamer harta yang dilakukan istri SF Hariyanto, Adrias Hariyanto. Sang istri mengunggah di media sosial saat memakai tas mewah, sepeda mahal hingga liburan ke luar negeri yang dinilai sebagai perilaku hedon.

Unggahan istri pejabat pamer harta itu sudah dihapus oleh Adrias Hariyanto. Namun, sejumlah netizen terlebih dahulu mengabadikan rekam jejak digital itu sehingga bukti pamer kekayaan tak bisa dielakkan.

Pamer harta ini dilakukan istri Hariyanto sejak beberapa tahun silam. Pamer atau flexing ini juga diikuti sang anak dengan mengunggah kebiasaan memakai barang branded dan merayakan ulang tahun di salah satu hotel termewah di Indonesia.

Hariyanto memang sudah memberikan klarifikasi terkait kebiasaan keluarganya yang pamer harta itu. Namun klarifikasi itu diduga tak sesuai dengan fakta sehingga Hariyanto diduga melakukan pembohongan publik.

Dugaan pembohongan publik ini berujung laporan ke Bareskrim Mabes Polri. Laporan ini dibuat Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan ke Bareskrim pada 28 Februari 2023. Dia ingin Hariyanto dipidana atas dugaan pembohongan publik.

Bagaimana tidak, Hariyanto dalam klarifikasinya menyebut barang mewah yang dipakai istrinya adalah KW atau palsu. Bahkan SF Hariyanto menyebut Ritz-Carlton hanya sebagai sebuah toko di Jakarta.

Sejak klarifikasinya kepada sejumlah media beredar luas dan menjadi olok-olok warganet, Hariyanto jarang tampil di publik. Sesekali ada mendampingi kegiatan Gubernur Riau Syamsuar tapi lebih memilih menghindari wartawan.

Berikut sejumlah pernyataan SF Hariyanto yang diduga tidak sesuai kenyataan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tas KW

Hariyanto bereaksi beberapa hari usai sebuah akun media twitter menyindir kebiasaan pamer harta istrinya, Adrias Hariyanto. Apalagi akun @PartaiSocmed itu menyandingkan himbauan SF Hariyanto kepada pejabat di Riau agar tak pamer kekayaan.

Dalam konferensi pers yang dihadiri sejumlah wartawan itu, SF Hariyanto menyebut tas Gucci dan Hermes yang dipakai istrinya saat berliburan ke luar negeri merupakan barang KW.

Pernyataan ini mendapat cibiran dari netizen yang mempertanyakan bagaimana barang KW bisa lolos ke luar negeri. Hal tersebut mengingat ketatnya peraturan lalu lintas barang di luar negeri soal barang branded.

Selain itu, tas dan sepatu yang ditampilkan Hariyanto tak sesuai dengan yang diunggah oleh istrinya di media sosial. Ada dugaan tas yang ditampilkan ke media baru dibeli untuk menguatkan alibi KW.

3 dari 7 halaman

2. Paket Hemat

Hariyanto menyebut perjalanan istrinya ke luar negeri menggunakan paket 'hemat'. Uang yang dikeluarkan berkisar Rp14 juta untuk paket perjalanan selama sepekan di luar negeri.

Namun dalam unggahan istrinya yang telah dihapus tapi fotonya telah disimpan netizen, perjalanan ke luar negeri itu menggunakan kelas bisnis. Lagi-lagi, Adrias pamer tas mewah ketika duduk di kursi kelas bisnis pesawat.

4 dari 7 halaman

3. Tidur di Lantai

Selain paket 'hemat', Hariyanto menyebut istrinya ketika berada di luar negeri tidak menginap di hotel mewah. Hariyanto mengatakan istrinya tidur di hotel biasa bersama teman-teman sejawat di Turki.

Tak hanya itu, Hariyanto juga menyebut istrinya tidur di lantai hotel. Pernyataan ini tak sesuai dengan sejumlah unggahan istrinya, termasuk pamer saat berada di kapal pesiar.

5 dari 7 halaman

4. Numpang Foto dan Soal Waktu

Dalam unggahan saat plesiran ke luar negeri, istri Hariyanto mengunggah foto ketika berada di restoran milik chef terkenal Salt Bae. Memang dalam unggahan itu tidak diperlihatkan makanan yang disantap.

Hariyanto menyebut istrinya kala itu hanya menemani seorang teman yang ingin membeli sesuatu di restoran itu. Kesempatan ini digunakan sang istri untuk berfoto.

Hariyanto juga menyatakan plesiran istrinya ke luar negeri sudah lama yaitu tahun 2019 atau sebelum dirinya menjabat sebagai Sekretaris Daerah.

Lagi-lagi pernyataan ini disandingkan warganet dengan foto istri Hariyanto yang jelas tertulis perjalanan itu ada yang dilakukan pada tahun 2022.

6 dari 7 halaman

5. Sebut Ritz Carlton Hanya Toko

5. Sebut Ritz Carlton hanya toko

Gaya hidup mewah keluarga Hariyanto juga terlihat dalam unggahan perayaan ulang tahun ke 17 anaknya di sebuah ruangan. Konsepnya terbilang megah dengan kue tar berlapis warna emas dan berukuran cukup tinggi.

Perayaan itu juga mengundang sejumlah orang terkenal di Indonesia. Anak Hariyanto tampil dengan gaun serba hitam yang diduga harganya tidak biasa.

Sebagai seorang ayah, Hariyanto menyebut perayaan itu memang sengaja digelar mengingat usia anaknya saat itu sudah masuk 17 tahun. Dia mengatakan sang anak ingin merayakan bersama teman-teman.

Hariyanto membantah lokasi perayaan itu ada di hotel melainkan sebuah toko biasa yang bernama Ritz Carlton.

7 dari 7 halaman

6. Rendahkan Wartawan

Hariyanto dalam klarifikasi soal barang mewah istrinya sempat merendahkan wartawan. Dia menyebut orang tidak akan percaya kalau istrinya memakai barang KW.

Ketika istrinya memakai barang KW, Hariyanto menyebut orang menilai itu barang asli. Beda dengan wartawan ketika memakai barang asli sehingga orang menilainya itu adalah barang KW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini