Sukses

Longsor di Pangkalan, Jalur Lalu Lintas Sumbar-Riau Putus Total

Longsor juga menyebabkan satu tiang listrik roboh.Jalur lalu lintas Sumbar-Riau putus total.

Liputan6.com, Limapuluh Kota - Jalur lalu lintas Sumatera Barat - Riau putus total akibat longsor yang menerjang di Kelok 17 Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada Rabu (12/4/2023) sekira pukul 23.00 WIB.

Kalaksa BPBD Limapuluh Kota, Rahmadinol mengatakan longsor tersebut menimbun badan jalan sehingga akses lalu lintas saat ini putus total.

"Iya longsor, karena hujan intensitas tinggi sejak malam ini," katanya, Rabu (12/4/2023).

Ia menyebut informasi sementara dari petugas di lapangan, jalan tersebut tak bisa dilalui, namun bagaimana kondisi terkini belum bisa dilaporkan karena terkendala sinyal telekomunikasi.

Rahmadinol menyampaikan petugas sedang berupaya membersihkan material longsor, termasuk juga memotong pohon yang terbawa material. Selain material longsor dan pepohonan, bencana itu juga mengakibatkan tiang listrik PLN yang roboh.

"Jika tidak bisa manual, maka harus menggunakan alat berat, kami sudah koordinasi dengan instansi terkait untuk alat berat tersebut," jelasnya.

Ia juga belum dapat memastikan apakah ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena masih terkendala komunikasi dengan petugas yang sudah di lapangan.

Dia mengimbau pengendara yang akan melintasi daerah tersebut meningkatkan kewaspadaan karena longsor susulan berpotensi terjadi jika hujan masih turun.

Â