Sukses

Ngabuburit di Bangkalan, AHY Dapat Hadiah Peci NU dan Pantun Politik

AHY melawat ke Madura dalam rangka safari Ramadan di mana agenda utamanya berbagi sembako serta silaturahmi dengan kiai dan ulama

Liputan6.com, Bangkalan - Acara buka puasa bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan para ulama di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, ditutup dengan pantun jenaka.

Pantun yang dibacakan KH Abd Jalil, Pengasuh Pondok Pesantren Nurussyadzili Alaskokon, Kecamatan Modung ini pun membuat AHY tersipu malu.

"Manisnya buah enak dimakan, banyak macamnya di kota Bangkalan, Anis-AHY kami harap jadi pasangan, pasti membawa perubahan dan perbaikan," kata KH Abd Jalil.

Pantun bernada politik ini pun membuat suasana buka puasa bersama itu menjadi lebih akrab dengan riuhnya tawa hadirin. Lebih-lebih setelah Kiai Abd Jalil membacakan pantun pamungkasnya.

"Kolak manis dicampur ketan, Anis-AHY satu-satunya pilihan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peci NU

Selain pantun, momen menarik lain adalah saat Ketum Partai Demokrat AHY mendapatkan hadiah peci hitam yang bagian depan terdapat logo organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama.

Peci diberikan dan dipakaikan langsung oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Bangkalan, KH Makki Nasir didampingi Ketua DPC Demokrat Bangkalan KH Hasani Bin Zuber.

"Alhamdulillah, pas," kata Kiai Makki.

Adapun AHY meresponsnya dengan ucapan terima kasih sembari menyalami Kiai Makki. AHY nampak terus memakai kopiah tersebut hingga ia bertolak ke Surabaya.

3 dari 3 halaman

Safari Ramadan AHY

AHY berada di Pulau Madura dalam rangka melaksanakan Safari Ramadan selama dua hari, pada 12-13 April 2023. Ia memulai safarinya dengan mengunjungi Kabupaten Sumenep dan Pamekasan dan ditutup dengan mengunjungi Kabupaten Bangkalan.

Di Bangkalan, AHY memulai safarinya dengan membagikan 400 paket sembako kepada ratusan abang becak. Acara ini dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Nurul Cholil Demangan, Kamis (13/4/2023) siang.

"Saat ini perekonomian kita sedang tidak baik, daya beli masyarakat rendah. maka kami ingin meringankan beban masyarakat lewat bantuan sembako ini," kata AHY.

Setelah berbagi sembako, AHY yang didampingi Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya dan Bendahara Umum Demokrat Renville Antonio langsung berburu takjil di bazar takjil alun-alun Paseban.

Kedatangan AHY membuat masyarakat yang sedang berburu takjil langsung mengerubunginya untuk meminta foto bersama.

Dari alun-alun AHY kemudian menuju rumah Ketua DPC Demokrat Bangkalan KH Hasani Bin Zuber untuk buka puasa bersama dengan para kiai dan ulama.

"Ini adalah kunjungan kali ke 2 Ketum AHY ke Bangkalan, kunjungan pertama 2019 dan Alhamdulillah selalu mendapat sambutan positif dari masyarakat dan para ulama," kata Hasani yang juga anggota Komisi VIII DPR RI ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.