Sukses

6 Sate Terpopuler di Indonesia, Mana Favoritmu?

Ada beberapa jenis sate khas Indonesia yang cukup populer. Namun, yang paling umum dan mudah dijumpai di hampir seluruh penjuru Indonesia adalah sate Madura dan juga sate Padang.

Liputan6.com, Jakarta - Sate memang jadi salah satu makanan khas Indonesia yang populer. Hampir semua orang menyukai rasa, tekstur dan aromanya. Tapi tahukah apa saja sate yang populer di Indonesia?

Sate menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang cukup populer. Namun, yang paling umum dan mudah dijumpai di hampir seluruh penjuru Indonesia adalah sate Madura dan juga sate Padang.

Meski berbeda, namun secara umum sate memiliki ciri khas yang sama. Yaitu daging yang ditusuk menggunakan batang lidi dan kemudian di panggang di atas bara api. 

Biasanya yang membedakan antara satu sate dengan sate lainnya adalah bumbu pelengkapnya. Apakah kamu bisa menebaknya sate terpopuler di Indonesia?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Sate Paling Populer di Indonesia

1. Sate Maranggi

Sate Maranggi memiliki citarasa yang gurih dan manis. Teksturnya lembut dan kenyal dari potongan daging sate berbumbu yang digunakan.

Sate ini berasal dari Purwakata yang biasanya menggunakan daging sapi atau daging kambing sebagai bahan dasarnya. Sate Maranggi biasanya disajikan dengan sambal kecap dan juga ketan bakar sambal oncom.

2. Sate Madura

Sate yang paling mudah ditemukan di setiap sudut saking populernya adalah Sate Madura. Makanan ini cukup umum, hingga hadir di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Sate Madura memiliki kombinasi rasa gurih beraroma dan rasanya cukup mudah diterima oleh banyak kalangan. Biasanya Sate Madura terbuat dari daging ayam dan kambing, yang disajikan dengan bumbu kacang manis dan gurih, serta potongan lontong.

3. Sate Padang

Sate yang juga cukup populer di Indonesia berkat rasanya adalah Sate Padang. Sate yang satu ini terbuat dari irisan daging sapi yang kemudian dipanggang di atas bara api dan disajikan dengan kuah kental berempah yang pedas.

Sate Padang biasanya dinikmati dengan potongan kupat, kerupuk kulit atau keripik singkong pedas. 

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Sate Lilit Bali

Berbeda dengan sate dari kebanyakan daerah di Indonesia, Sate Lilit dari Bali biasanya tidak menggunakan tusuk sate melainkan potongan bambu yang ukurannya cukup lebar. Sate yang satu ini juga memiliki citarasa yang pedas berempah.

Sate Lilit biasanya terbuat dari daging ayam atau daging ikan yang dihaluskan, yang dicampur dengan berbagai bumbu rempah pedas. Cara menikmati sate yang satu ini adalah dengan nasi hangat dan berbagai lauk khas Bali lainnya, termasuk sambal matah.

5. Sate Taichan

Sate Taichan belakangan juga jadi salah satu sate yang populer berkat rasanya yang gurih dan pedas. Di banding sate lainnya, proses pembuatan Sate Taichan yang paling sederhana.

Meski begitu, kelezatan rasa Sate Taichan tidak kalah dengan sate lainnya. Apalagi jika dinikmati lengkap bersama sambal dan lontong, serta taburan bawang merah.

6. Sate Klathak Jogja

Sate Klathak juga cukup terkenal, terutama di daerahnya, yaitu Jogja. Sate ini dinamakan Klatak karena proses pemanggangannya yang menggunakan klathak.

Sate yang terbuat dari daging kambing ini juga sedikit unik. Karena tusukannya tidak menggunakan batang lidi melainkan besi yang membuat proses pematangannya lebih merata.

Sate Klathak biasanya disajikan bersama gulai berkuah kaya rempah. 

Itu dia sate-sate paling populer di Indonesia dengan beragam penyajian dan juga citarasanya. Di antara semuanya, mana sate yang menjadi favoritmu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini