Sukses

Hari Pertama Difungsionalkan untuk Mudik Lebaran, 398 Kendaraan Melintas Tol Stabat-Kuala Bingai

Ratusan pengendara mulai memanfaatkan Jalan Tol Ruas Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2, yaitu Tol Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,2 Kilometer (Km), yang telah difungsionalkan untuk momentum mudik Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan pengendara mulai memanfaatkan Jalan Tol Ruas Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2, yaitu Tol Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,2 Kilometer (Km), yang telah difungsionalkan untuk momentum mudik Lebaran 2023.

EVP Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol, PT Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, Tol Stabat-Kuala Bingai mulai difungsionalkan pada Minggu, 16 April hingga Senin, 1 Mei 2023.

"Pada hari pertama difungsionalkan, tercatat 398 kendaraan melintas Tol Stabat-Kuala Bingai," katanya, Senin (17/4/2023).

Dwi Aryono Bayuaji menerangkan, Hutama Karya akan terus meng-update perkembangan terkini mengenai volume lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan mengimbau pemudik untuk dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Pengendara juga diimbau berkendara di kecepatan maksimal 80 Km per jam, mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan berkendara dalam kondisi prima, dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk.

"Pastikan saldo Kartu Uang Elektronik tercukupi sebelum melakukan perjalanan," imbaunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Operasional

Ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2, yaitu Tol Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,2 Km mulai difungsionalkan untuk kelancaran arus mudik Lebaran, Minggu, 16 April 2023.

Dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Branch Manager Tol Binjai-Langsa, PT Hutama Karya, Ari Wibowo mengatakan, Ruas Tol Stabat-Kuala Bingai difungsionalkan untuk mudik Lebaran hingga Senin, 1 Mei 2023.

"Ruas Tol Stabat-Kuala Bingai difungsionalkan selama lebih dari dua minggu. Tidak dikenakan tarif atau gratis," kata Ari.

Diterangkan Ari, selama fungsional, jam operasional Ruas Tol Stabat-Kuala Bingai hanya dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga Pukul 16.00 WIB.

"Hanya diperuntukkan bagi kendaraan Golongan I, yaitu kendaraan kecil seperti sedan, jeep dan lain-lain," terangnya.

3 dari 4 halaman

Lanjutan Jalan Tol Binjai-Stabat

Direktur Utama Hutama Karya Infrastruktur (HKI), Aji Prasetyanti mengatakan, 2 di antara ruas jalan tol yang akan difungsionalkan selama musim mudik Lebaran 2023 yakni Binjai-Pangkalan Brandan dan Indralaya-Prabumulih.

Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 1, Binjai-Stabat, sepanjang 12 Km sebelumnya telah dioperasionalkan pada tahun 2022.

"Di tahun ini, lanjutan Jalan Tol Binjai-Stabat yakni Tol Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,2 Km difungsionalkan untuk mudik Lebaran," kata Aji.

4 dari 4 halaman

Progres Fisik

Progres fisik Tol Stabat-Kuala Bingai per 7 April 2023 telah mencapai 95 persen. Pada ruas tol ini, HKI juga mengerjakan gerbang tol dan kantor gerbang tol yang terletak di Jalan Proklamasi, Desa Kuala Bingai, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

"Gerbang tol dan kantor gerbang tol ini dapat digunakan saat mudik Lebaran," terangnya.

Masyarakat juga bisa mengakses jalan tol mulai dari Medan-Binjai yang tersambung dengan Tol Binjai-Stabat, hingga Tol Stabat-Kuala Bingai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini