Sukses

Berbagai Soto Populer di Indonesia yang Wajib Dicoba

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki soto khasnya sendiri. Biasanya yang membuat soto setiap daerah berbeda adalah topping pelengkap dan juga bumbunya.

Liputan6.com, Jakarta - Soto jadi salah satu makanan khas Indonesia yang cukup populer. Kuahnya yang hangat dan gurih ditambah dengan berbagai topping pelengkapnya, cocok dinikmati dengan nasi hangat saat udara sedang dingin.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki soto khas sendiri. Biasanya yang membuat soto setiap daerah berbeda adalah topping pelengkap dan juga bumbunya. 

Sebagian soto menggunakan protein hewani berupa daging ayam. Tapi ada juga yang menggunakan daging sapi.

Meski berbeda, soto memiliki citarasa yang hampir sama, yaitu gurih lantaran menggunakan kuah kaldu. Selain itu, bumbu rempah yang digunakan pun membuat rasa gurih soto semakin nikmat.

Kuliner khas Indonesia yang satu ini juga cocok untuk dijadikan salah satu menu berbuka puasa. Namun, tahukah kamu soto dari daerah mana saja yang paling populer di Indonesia?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Soto Populer di Indonesia

1. Soto Lamongan

Soto khas dari daerah Jawa Timur ini cukup populer di Indonesia, hingga cukup mudah ditemukan di berbagai tempat. Biasanya soto yang satu ini memiliki kuah berwarna kuning dan pekat, tetapi tidak menggunakan santan.

Rasa gurihnya didapat dari kuah kaldu ayam dan berbagai bumbu rempahnya. Hingga nikmat disantap dengan nasi hangat.

Soto Lamongan dilengkapi dengan irisan kubis atau kol, suwiran daging ayam, soun atau bihun, telur rebus, irisan daun bawang, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis. Selain itu, Soto Lamongan juga biasanya dilengkapi dengan taburan bubuk koya yang membuat rasanya semakin gurih.

2. Soto Betawi

Sesuai namanya, soto yang satu ini merupakan kuliner khas Betawi. Namun karena kepopulerannya, selain bisa dijumpai di kota asalnya, Soto Betawi juga bisa ditemukan di daerah lain.

Soto yang satu ini memiliki ciri khas kuahnya yang gurih dan creamy, karena biasanya menggunakan susu atau santan. Sementara topping pelengkapnya berupa potongan daging sapi, kentang, tomat, irisan daun bawang dan taburan bawang goreng.

3. Soto Medan

Medan juga memiliki soto khasnya dengan kuah gurih bersantan dan kaya akan rempah. Karena biasanya, selain menggunakan bawang merah dan bawang putih, rempah yang digunakan untuk soto yang satu ini juga lebih beragam.

Beberapa rempah lainnya termasuk, bunga lawang, jintan, dan lainnya. Kedua rempah ini membuat cita rasa Soto Medan menjadi semakin kaya.

Soto Medan biasanya dilengkapi dengan daging pilihan, yaitu ayam atau daging sapi. Pelengkap lainnya adalah perkedel kentang, telur, kecambah, tomat, irisan daun bawang, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

4. Soto Padang

Soto Padang juga tak kalah terkenalnya karena soto yang satu ini juga memiliki kuah kaldu gurih yang khas. Selain itu, biasanya kuah Soto Padang memiliki sensasi pedas yang didapat dari bumbu rempahnya.

Ciri khas soto yang satu ini adalah, kuahnya yang bening dengan irisan daging sapi garing, serta kerupuk merah yang digunakan sebagai pelengkapnya.

5. Soto Kudus

Soto Kudus menjadi salah satu soto dengan penyajian yang unik. Ini juga yang menjadi salah satu ciri khasnya. Biasanya seporsi Soto Kudus disajikan bersama nasi dalam mangkuk kecil. 

Soto Kudus memiliki kuah kaldu yang bening dengan topping pelengkapnya berupa daging, toge atau kecambah, irisan daun bawang dan taburan bawang goreng. Dagingnya pun bisa dipilih antara daging ayam atau daging sapi.

Itulah lima soto paling populer di Indonesia yang wajib kamu coba. Apakah kamu sudah mencoba salah satu di antaranya? Kira-kira mana soto favoritmu?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini